Jawa Pos

Tambah CCTV di Perempatan

-

SURABAYA – Dinas perhubunga­n (dishub) bakal memperbany­ak jumlah closed circuit television (CCTV) untuk memantau aktivitas pelanggara­n lalu lintas. Penambahan CCTV tersebut diharapkan mampu mengurangi pelanggara­n lalu lintas yang dilakukan warga metropolis.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Surabaya Robben Rico menuturkan, tahun ini dishub bakal menambah sekitar 15 CCTV yang disebar di berbagai wilayah. CCTV akan diletakkan di beberapa perempatan di Surabaya.

Perempatan dipilih lantaran angka kecelakaan di ruas jalan tersebut selama ini masih tinggi. Pengguna jalan yang tidak sabar saat berkendara sering kali menerobos lampu merah. Akibatnya, tabrakan antarkenda­raan sering kali tidak terhindark­an.

Penambahan CCTV itu bertujuan menurunkan jumlah warga yang melanggar hukum di jalanan. ’’Saat ini CCTV dinilai efektif untuk menurunkan jumlah pelanggar,’’ jelasnya.

Efektivita­s penurunan jumlah pelanggar lalu lintas itu dapat terlihat dari beberapa wilayah yang selama ini telah dipasangi CCTV. Sejak diluncurka­n September tahun lalu, tiga CCTV ditempatka­n di wilayah berbeda oleh dishub. Yakni, kawasan Kebun Binatang Surabaya (KBS), Jalan Dharmawang­sa, dan Jalan Prof Dr Moestopo.

Saat dilakukan uji coba, jumlah pelanggara­n lalu lintas di wilayah tersebut rata-rata mencapai 427 kasus dalam sehari. Jumlah tersebut kemudian turun drastis ketika tilang CCTV diberlakuk­an selama seminggu. Dalam sehari, jumlah pelanggara­n lalu lintas kurang dari 100 kejadian.

Robben optimistis memperluas area ketertiban di Surabaya melalui penambahan jumlah CTTV itu. Titiktitik yang sebelumnya belum diawasi akan terpantau secara kontinu melalui alat buatan dari Tiongkok tersebut.

Melalui pemasangan CCTV, kesadaran masyarakat tentang tata tertib lalu lintas diharapkan semakin tinggi. Dengan demikian, angka kecelakaan bisa ditekan secara berkelanju­tan. (elo/c20/git)

 ??  ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS MATA-MATA KOTA: CCTV yang terpasang di traffic light bisa memantau beragam pelanggara­n lalu lintas.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS MATA-MATA KOTA: CCTV yang terpasang di traffic light bisa memantau beragam pelanggara­n lalu lintas.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia