Jawa Pos

Godok Rotasi Pejabat Pemkot

-

SURABAYA – Awal tahun ini pemkot bakal merombak susunan pejabatnya. Hal itu merupakan agenda rutin untuk menyegarka­n gerbong birokrasi.

Sekda Kota Surabaya Hendro Gunawan menerangka­n bahwa mutasi para pejabat dilaksanak­an pada Januari. Sejumlah posisi yang lowong akan diisi. Selama ini ada empat orang yang merangkap jabatan. Di antaranya, Kepala Satpol PP Irvan Widyanto yang merangkap kepala BPB linmas dan Kepala Dinas Kesehatan Febria Rachmanita ” yang juga Plt Dirut RSUD Soewandhie. Semua akan diisi, tapi bertahap. Kan harus fit and proper test,” jelasnya.

Saat ini ada sembilan pejabat yang tidak dirotasi meski sudah menjabat lima tahun lebih. Dua di antara sembilan pejabat tersebut adalah Febria dan Irvan. Ada juga Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Erna Purnawati, Kepala Dispendik Ikhsan, Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Chalid Buhari, hingga Kepala Dinas Sosial Soepomo.

Hendro menjelaska­n, lama jabatan bukan hal utama dalam rotasi. Menurut dia, kinerja selama satu tahun bakal menjadi perhitunga­n Badan ” Kepegawaia­n dan Diklat (BKD) Surabaya. Gak usah nunggu lima tahun. Masiyo sebulan, kalau kinerjanya jelek, ya pasti dievaluasi,” kata mantan kepala badan perencanaa­n dan pembanguna­n kota ( bappeko) itu.

Wakil Ketua Komisi A DPRD Surabaya Adi Sutarwijon­o menyaranka­n wali kota mengevalua­si ” pejabat yang lebih dari lima tahun. Jika kinerjanya oke, silakan diperpanja­ng,” ujar politikus PDIP tersebut. (sal/c7/git)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia