Jawa Pos

Mengaku Sering Dapat Telepon dari Ayu Ting Ting

Kesabaran petugas Command Center (CC) 112 memang patut diacungi jempol. Selain menangani berbagai laporan warga, mereka harus telaten melayani laporan iseng. Bahkan, laporan fiktif itu kerap jadi bahan guyonan.

- EDI SUSILO

SUARA komando dari radio rig terdengar kencang saat Jawa Pos memasuki ruang CC 112 di lantai 2 Gedung Siola kemarin (31/12). Terus terdengar suara dari alat berbentuk mirip telepon rumah itu, hampir tanpa jeda.

Suara bising tersebut merupakan laporan dari pihak kepolisian dan lima pos terpadu yang tersebar di Surabaya. Mereka melaporkan kondisi masing-masing. Baik sedang menemukan kejadian maupun menyampaik­an laporan penyelesai­an tugas.

Ya, di ruangan berukuran sekitar 5 x12 meter itu, aktivitas komunikasi memang tidak pernah berhenti, 24 jam nonstop. Mereka melayani laporan warga dari seluruh wilayah Surabaya. Terutama berkaitan dengan kondisi darurat dan bencana.

Siang itu sembilan petugas tampak berjaga di ruangan. Me- reka duduk di meja masing-masing. Beberapa terlihat sibuk mengamati layar digital berukuran 21 inci di setiap meja. Sejumlah petugas lainnya terlihat sedikit santai, memandangi ratusan layar berisi kondisi lapangan yang berhasil terekam closed circuit television (CCTV). Misalnya, arus lalu lintas, jalan rawan kecelakaan, hingga pipa saluran air. ” Ya, begini setiap harinya aktivitas di ruang kontrol CC 112 Mas. Ini masih terhitung sepi,” ucap M. Ardiansyah Putra Panjaitan, salah seorang petugas CC 112 dari BPB linmas, kepada Ja

Aktivitas ruang kontrol CC 112 tersebut biasanya baru mulai ramai menjelang petang hingga malam.

Selain anggota linmas, di ruangan tersebut petugas dari instansi dan dinas stand by. Antara lain, dari dishub, DPUBMP, DKRTH, dinsos, PMK, satpol PP, DP5A, dan kepolisian. Semuanya bekerja dan ikut memantau.

Di tengah obrolan itu, Wahyudin, salah seorang rekan Ardi, menerima telepon dari petugas lapangan. Dari suara radio rig, disampaika­n bahwa korban kecelakaan di Jalan A. Yani, M. Sholeh, telah ditangani oleh petugas.

Laporan kecelakaan memang menjadi makanan sehari-hari petugas CC 112. Maklum, laporan kecelakaan memang menjadi kasus tertinggi selama 2017. Hing- ga 29 Desember, ada 1.174 kasus kecelakaan yang berhasil ditangani CC 112. Artinya, ada sekitar tiga kejadian setiap hari.

Kejadian lain yang tidak kalah menggeliti­k, ketika warga melaporkan burung peliharaan­nya yang hilang.

Pengalaman mendapat laporan unik tersebut juga dialami Rendra Herdianto S. Petugas dari Dishub Surabaya itu sering kali mendapat laporan iseng. Salah satunya, dari warga yang ngebet minta dibelikan pulsa.

Jika itu terjadi, petugas lapangan akan mengatakan bahwa laporan yang diterima adalah Ayu Ting Ting. Ya, nama artis dangdut asal Depok tersebut memang sering jadi bahan tertawaan para petugas CC 112. Penyebabny­a, artis itu melambung berkat menyanyika­n lagu Alamat Palsu. Judul lagu itulah yang jadi bahan guyonan. ” Wah, iki jelas Ayu Ting Ting. Alamat palsu,” ungkap Rendra saat mengenang adanya laporan iseng, lantas tertawa semringah. (*/c20/git)

 ??  ?? wa Pos. EDI SUSILO/JAWA POS TETAP SABAR: Para petugas Command Center 112 saat bertugas. Mereka menerima beragam telepon dari warga.
wa Pos. EDI SUSILO/JAWA POS TETAP SABAR: Para petugas Command Center 112 saat bertugas. Mereka menerima beragam telepon dari warga.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia