Jawa Pos

Akhiri 2017 20,17 Km dengan

- (esa/c7/jan)

Lari adalah olahraga yang paling fleksibel. Waktu paling tepat buat lari itu pagi, pukul 06.00, sebelum saya ngantor.” Jenny Hartanto Habis lari, bahagia (rasanya).” Meili Theisjen Kuncinya latihan rutin dengan tempo yang lama. Konsisten.” Toping Mei

– Bangun pagi, pergi ke luar rumah dan merasakan sejuknya udara adalah salah satu sensasi yang menyenangk­an dari lari pagi. Udara yang terasa masih segar dan belum tercemari asap kendaraan bermotor membuat tubuh lebih nyaman. Di samping itu, lari pagi merupakan olahraga murah, mudah, dan fleksibel yang bisa dilakukan kapan saja. Tak heran, lari pagi menjadi gaya hidup favorit masyarakat metropolis. Misalnya, kegiatan beberapa warga CitraLand kemarin pagi (31/12). Sejak pukul 05.30, beberapa warga berkelilin­g kompleks. Sesekali mereka berlari kecil dan melakukan peregangan. Kebetulan, pagi itu terdapat beberapa warga yang lari secara bergerombo­l. ”Enak barengbare­ng, dong. Lebih asyik ada penyemanga­t,” ucap Hendri Wijaya, warga yang ditemui di Jalan Balerina Raya. Hidup di lingkungan perkotaan dan berhadapan dengan kepadatan rutinitas kerja, lari dijadikan alternatif untuk menyeimban­gkan hidup. Jenny Hartanto adalah salah satunya. Keseharian­nya sebagai perempuan yang bekerja membuat aktivitasn­ya sangat padat. Menyadari situasi kantor yang menuntutny­a untuk duduk berlama-lama, dia pun selalu mencari cara untuk bisa bergerak.

Olahraga lari adalah pilihannya. Selama tiga tahun terakhir, dia menyempatk­an lari dengan menggunaka­n treadmill di rumahnya. Tak puas dengan itu, perempuan berdarah Maluku tersebut mencari sensasi lain dengan berlari di luar rumah.

Setidaknya seminggu lima kali dia menyempatk­an waktu di pagi hari untuk berkelilin­g kompleks. ”Pokoknya Senin saya gunakan untuk istirahat. Jam enam harus sudah lari. Setelah itu, siap-siap ngantor,” terangnya.

Deretan event lari juga selalu menjadi sasaran bagi dia. Pada Oktober lalu, Jenny berpartisi­pasi dalam The Chicago

Marathon yang dihelat di Chicago, Illinois, Amerika Serikat. Event lain yang tak dilewatkan adalah Jawa Pos

Fit East Java Marathon. Dari sekadar hobi, dia mengenal beberapa teman, lalu bergabung dengan komunitas lari WeeRun. Kemarin hari terakhir di tahun 2017, Jenny bersama teman-temannya sepakat membuat tantangan. Yakni, menyelesai­kan jarak 2017 yang diterjemah­kan menjadi 20,17 km. ”Kita harus habiskan tahun ini. Tuntas 2017,” katanya dengan wajah yang sudah memerah dan kucuran keringat di dahi.

Lari memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Misalnya, memperlanc­ar aliran darah dan meningkatk­an kebugaran tubuh. Menurut dr Hendera Henderi SPOG, para penghobi lari sebaiknya mengombina­sikan dengan tipe olahraga lain. Misalnya, sepeda dan renang. ”Usia 40 tahun ke atas sudah rawan cedera lutut. Lebih baik pilih olahraga yang nyaman,” ucap Hendera.

Kriteria yang aman bagi pelari adalah ketika dia bisa bernapas dengan nyaman. Tidak sesak. Untuk itu, penghobi lari harus berlatih secara rutin. Minimal meluangkan waktu 30 menit hingga 1 jam saat pagi untuk berolahrag­a.

Gaya hidup tidak selalu dipengaruh­i oleh olahraga. Porsi nutrisi dan porsi makan juga harus diperhatik­an. Sebaiknya minum minuman yang mengandung elektrolit pada tiga hingga lima kilometer pertama. Pisang juga baik untuk penghobi olahraga tersebut.

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? KONSISTEN: Lari merupakan olahraga murah, mudah, dan fleksibel. Lebih enak dilakukan pagi hari karena udaranya masih segar. Para penghobi lari dari CitraLand ini mengawali hari terakhir pada tahun 2017 dengan berlari sejauh 20,17 km.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS KONSISTEN: Lari merupakan olahraga murah, mudah, dan fleksibel. Lebih enak dilakukan pagi hari karena udaranya masih segar. Para penghobi lari dari CitraLand ini mengawali hari terakhir pada tahun 2017 dengan berlari sejauh 20,17 km.
 ??  ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS GUSLAN GUMILANG/JAWA POS GUSLAN GUMILANG/JAWA POS
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS GUSLAN GUMILANG/JAWA POS GUSLAN GUMILANG/JAWA POS
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia