Jawa Pos

Kapolda dan Pangdam Ingin Jatim Tetap Kondusif

Pantau Pos Pengamanan di Bundaran Taman Pinang

-

SIDOARJO – Keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) dalam menyambut pergantian tahun mendapat atensi tinggi. Bahkan, untuk memastikan suasana tetap kondusif, kemarin (31/12) Kapolda Jatim Irjen Machfud Arifin dan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman datang ke Sidoarjo.

Dua petinggi Jawa Timur di Kota Delta itu datang pada pukul 14.30 bersama sejumlah perwira. Sejak pagi, rombongan mereka berkelilin­g untuk melakukan pemantauan. Setelah mendatangi pos pengamanan di Surabaya dan Gresik, iring-iringan rombongan menuju Sidoarjo.

Awalnya rombongan Kapolda dan Pangdam mendatangi Mapolresta Sidoarjo. Mereka disambut Kapolresta Kombespol Himawan Bayu Aji dengan paparan pengamanan. Selanjutny­a, rombongan bergerak menuju pos pengamanan di bundaran Taman Pinang Indah.

Machfud menuturkan, di Sidoarjo terdapat sejumlah titik yang menjadi tempat perayaan tahun baru. Di antaranya, alun-alun dan Kahuripan Nirwana Village (KNV). Di dua tempat itu, jumlah warga biasanya membeludak. ’’Tapi, fokus pengamanan tidak hanya di tempat yang sejak awal memang mengajukan izin keramaian,” ungkapnya.

Dia menyatakan, konsekuens­i dari perizinan memang ada penempatan personel. Karena itu, peluang munculnya gangguan keamanan cukup kecil. Nah, kata dia, yang harus diberi atensi justru tempat berkumpuln­ya warga biasa. ’’Harus tetap dijaga, tidak boleh lengah,” ucapnya.

Machfud mengungkap­kan, sejauh ini tidak ada gangguan mencolok di seluruh daerah Jatim. Dia berharap kondisi itu bisa terus berjaga. ’’Jajaran polres harus

all-out melakukan pengamanan. Jangan anggap remeh sebagai tugas rutin polisi. Mobilitas masyarakat akan semakin meningkat,” terangnya.

Di tempat yang sama, Arif menyatakan, pihaknya siap mendukung tugas polisi. TNI-AD juga akan mengerahka­n kekuatan penuh untuk menjaga ketenteram­an daerah. ’’Lima ribu prajurit siaga di seluruh daerah Jatim. Jumlahnya belum termasuk personel satuan yang siap on call kalau sewaktuwak­tu dibutuhkan,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Saiful Ilah menambahka­n, perayaan tahun baru di Sidoarjo tidak hanya difokuskan di alun-alun. Tujuannya, mengurangi konsentras­i massa. ’’Harapan pada tahun 2018, forkopimda selalu kompak. Harus terus bisa menunjukka­n kinerja lebih baik daripada sebelumnya,” ucapnya.

 ??  ?? INSPEKSI: Irjen Machfud Arifin bersama Mayjen TNI Arif Rahman mengunjung­i pos pengamanan tahun baru di bundaran Taman Pinang kemarin.
INSPEKSI: Irjen Machfud Arifin bersama Mayjen TNI Arif Rahman mengunjung­i pos pengamanan tahun baru di bundaran Taman Pinang kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia