Jawa Pos

Pasang Tujuh Palang Lintasan Kereta Api

-

SIDOARJO – Sangat banyak lintasan kereta tanpa palang di Sidoarjo. Berdasar data Dinas Perhubunga­n (Dishub) Sidoarjo, jumlahnya mencapai 145 lintasan. Lintasan yang sudah dijaga dan memiliki palang pintu berkisar 55 titik. Yang tidak dijaga dan tidak memiliki palang pintu sebanyak 90 titik. Untuk mengurangi angka kecelakaan, pemkab akan memasang palang pintu di tujuh titik lintasan kereta.

Salah satu lintasan tanpa palang pintu berada di Jalan Jenggolo I. Pada Sabtu (30/12), Affandi tampak bergegas menutup lintasan berupa pagar besi sebelum kereta melintas. Warga Tulangan itu setiap hari bekerja sebagai petugas pemelihara­an rel kereta api. ”Selama liburan Natal dan tahun baru, saya diperbantu­kan menjaga lintasan,” ujarnya.

Kepala Dinas Perhubunga­n (Dishub) Asrofi mengatakan, pihaknya sudah menentukan dua lokasi. Pertama, di Sumorame, Candi, dan yang kedua di Gelam, Candi. ”Kerap terjadi kecelakaan di dua lintasan itu,” paparnya.

Untuk lima titik lain, Asrofi mengatakan bahwa dishub akan melihat usulan dari kecamatan. Setelah usulan itu terkumpul, pihaknya akan mengecek ke lapangan. ”Yang sifatnya urgen kami dahulukan,” ujarnya.

Asrofi menambahka­n, penyediaan palang pintu kereta api dan petugas bukan hanya tugas pemkab. Namun, juga kewenangan Kementeria­n Perhubunga­n (Kemenhub) dan pemprov. Hal tersebut bergantung pada wilayah yang dilewati. ”Kami menyediaka­n palang dan petugas di lintasan KA yang melintasi jalan milik pemkab,” paparnya.

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? AMANKAN PENGENDARA: Kereta melewati lintasan di Jalan Jenggolo I. Dishub Sidoarjo akan memasang tujuh palang perlintasa­n. Di antaranya, di Sumorame dan Gelam.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS AMANKAN PENGENDARA: Kereta melewati lintasan di Jalan Jenggolo I. Dishub Sidoarjo akan memasang tujuh palang perlintasa­n. Di antaranya, di Sumorame dan Gelam.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia