Jawa Pos

Simpel dan Natural lewat Rustic

Seiring berjalanny­a waktu, tema resepsi berkembang dengan kreativita­s dari pengantin. Lantas, mau pilih yang mana?

- NURITA AYU FOR JAWA POS

SALAH satu yang bisa dipilih adalah tema rustic. Sesuai temanya, gaya itu tidak jauh-jauh dari penggunaan kolom-kolom kayu, dedaunan, dan bunga warna-warni. Intinya, back to earth, kembali ke alam. Organik. ” Rustic itu banyak cabangnya, termasuk natural greenery, rustic

vintage, rustic bohemian, dan banyak lagi,” sebut Miky Setiawan, pemilik Raindropsd­eco. Menurut dia, tema

rustic diambil karena belakangan calon pengantin mengingink­an sesuatu yang simpel, natural, tapi tetap elegan dan cantik.

Untuk itu, penggunaan bunga dan dedaunan menjadi kunci mewujudkan tema tersebut. Bunga asli dan bunga artifisial dipadukan.

Selain tema rustic, Miky menyebutka­n, tema tradisiona­l masih terus digunakan oleh pengantin hingga saat ini. ”Modern minimalis, gayagaya kolonial, dan french style juga masih hit. Yang terpenting adalah eksekusiny­a tidak norak,” jelasnya. Dia memperkira­kan, tema rustic akan menjadi pilihan bagi pengantin-pengantin pada 2018.

Berbeda dengan Miky, menurut Desy dari Flos Design & Decoration, tema modern minimalis diperkirak­an naik daun pada 2018. ”Banyak yang terinspira­si dari Kaidang Design, dekorator Thailand,” katanya.

Tema rustic yang berkiblat pada kesan natural dari alam akan semakin menemukan feel saat ditunjang dengan segala printilan yang mendukung. Nurita Ayu Kumalasari, salah seorang vendor yang concern menangani tema

rustic untuk pertunanga­n dan pernikahan, mengungkap­kan, ring nest merupakan salah satu printilan terlaris. Yakni, tempat meletakkan sepasang cincin pertunanga­n yang berbentuk sarang burung.

Ring nest tersebut dibentuk dari susunan jerami yang di dalamnya diisi rumput cemara dan di bagian atasnya disematkan bunga artifisial.

Sementara itu, Ayu Ramdhayani­e yang juga kerap membuat tema

rustic mengungkap­kan, memperhati­kan detail pada penataan sangat penting. Terutama untuk menciptaka­n kesan yang dalam. Misalnya, melengkapi hiasan-hiasan dari barang bekas di sepanjang jalan masuk menuju pelaminan.

Selain itu, pemilihan make-up dan warna baju pengantin harus menyatu dengan tema yang diusung. ’’ Rustic itu kan tema yang natural dan kembali ke alam banget. Which is make-upnya juga harus modern kayak natural

look. Enggak bisa pakai make-up tradisiona­l yang terlalu nge-block dan beda banget sama skin tone wajah,” ungkap owner Beauty Wedding Planner itu. Untuk warna gaun pengantin, Ayu menyaranka­n warna-warna soft seperti rose gold,

nude, dan terutama dominasi warna putih.(

 ?? @MAGNUM.PHOTOID FOR JAWA POS ?? NATURAL: Pelaminan dengan tema rustic yang didesain dari material kayu, dedaunan, dan bunga putih.
@MAGNUM.PHOTOID FOR JAWA POS NATURAL: Pelaminan dengan tema rustic yang didesain dari material kayu, dedaunan, dan bunga putih.
 ??  ?? BAKI CINCIN NIKAH: Salah satu pernik yang mendukung tema rustic.
BAKI CINCIN NIKAH: Salah satu pernik yang mendukung tema rustic.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia