Jawa Pos

Targetkan Underpass Tuntas Juni

-

SURABAYA – Betapa lancarnya arus kendaraan di bundaran Satelit jika

underpass di kawasan itu tuntas dibangun. Kemacetan yang mengular dari berbagai penjuru bakal terurai. Kemudahan akses juga akan mendukung pengembang­an wilayah barat.

Tahun ini proyek itu ditargetka­n tuntas. Galian terowongan sudah terbangun separo. Bahkan, overpass sebagai infrastruk­tur pengalihan arus sudah beres. Sayang, ada sejumlah kendala yang membuat proyek tersebut molor.

Proyek Rp 74,8 miliar tersebut murni didanai oleh para pengembang di Surabaya. Bahkan, pemkot tidak mengeluark­an uang sepeser pun. Duit yang disumbangk­an itu bakal dihitung sebagai prasarana, sarana, dan utilitas (PSU). Namun, duit hasil urunan tersebut belum cukup untuk melanjutka­n proyek itu

Manajer proyek PT Pembanguna­n Perumahan (PP) Saleh Hendro menerangka­n, progres proyek mencapai 50 persen. Angka itu tidak berubah sejak November. ”Untuk pekerjaan di luar bundaran, masih menunggu kesiapan dana,” jelas pria asal Jawa Tengah itu.

Pekerjaan yang dimaksud adalah pengerukan jalan. Sisi barat dan timur bundaran tersebut rencananya ditutup karena bakal digali. Kendaraan akan diarahkan untuk melewati overpass yang sudah tuntas dibangun.

Dengan kondisi keuangan yang minim, kontraktor tidak berani melanjutka­n pekerjaan. Saat ini dana yang terkumpul Rp 23 miliar. Sementara itu, pekerjaan yang digarap sudah menghabisk­an Rp 32 miliar.

Para pekerja hanya bisa melakukan pekerjaan sampingan seperti perapian dan penyelesai­an capping beam (CB) untuk memperkuat tiang-tiang fondasi yang sudah terpasang.

Apabila tidak ada aral melintang, pembanguna­n underpass Satelit diperkirak­an berlangsun­g hingga sekitar Juni 2018. Realeastat Indonesia (REI) optimistis proyek tersebut bisa rampung tepat waktu, asalkan cicilan bisa dipenuhi.

Ketua REI Jatim Danny Wahid menuturkan, pembiayaan dari pengembang belum ter- cover 100 persen. Proyek yang awalnya diperkirak­an selesai pada Februari 2018 sepertinya bakal mundur. ”Pengembang masih mencicil, sementara proyek berakhir per- tengahan 2018,” jelas Danny.

Dia menjelaska­n, sebenarnya komunikasi dengan pemkot tidak sulit. Pertemuan dengan pemkot sudah dilakukan sampai tiga kali selama periode kepemimpin­annya di REI Jatim. ”Harapannya, pemkot bisa segera membuat gathering pengembang REI di Surabaya Barat,” terang Danny.

Lewat gathering tersebut, para pengembang bisa diyakinkan untuk menyelesai­kan pembiayaan. Begitu pula, pemkot bisa memfasilit­asi perizinan untuk para pengembang itu.

Berdasar pantauan terakhir, pembanguna­n underpass masih dikerjakan. Danny optimistis pembanguna­n underpass bisa selesai tepat waktu. ”Kalau REI dan pemkot sinergi, bismillah selesai,” tuturnya. (sal/deb/c6/git)

 ?? DIKA KAWENGIAN/JAWA POS ?? PERLU DIKEBUT: Proyek underpass bundaran Satelit difoto dari atas. Bila tuntas, proyek tersebut akan mengurai kemacetan lalu lintas di sana.
DIKA KAWENGIAN/JAWA POS PERLU DIKEBUT: Proyek underpass bundaran Satelit difoto dari atas. Bila tuntas, proyek tersebut akan mengurai kemacetan lalu lintas di sana.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia