Jawa Pos

Awas Banjir Rob Sepekan ke Depan

- SURABAYA

– Badan Meteorolog­i, Klimatolog­i, dan Geofisika (BMKG) kemarin (31/12) mengeluark­an peringatan tentang adanya banjir rob yang mengancam wilayah pesisir. Yang terdampak adalah pesisir Sidoarjo, Surabaya Utara, serta sebagian besar pesisir selatan Selat Madura dan sekitarnya.

Eko Prastyo, petugas BMKG Tanjung Perak yang dihubungi

Jawa Pos, mengonfirm­asi kabar tersebut. Karena faktor gravitasi, bakal terjadi pasang di air laut wilayah timur Jawa. ’’Periode pasang laut ini bakal terjadi mulai 31 Desember sampai 4 Januari. Setiap hari pasang laut itu akan terjadi selama empat jam pada pukul 21.00–24.00 WIB,’’ jelasnya kemarin (31/12).

Pasang tersebut mengakibat­kan permukaan air laut bertambah 130–150 cm daripada biasanya. Namun, biasanya, dampak banjir yang sampai ke daratan hanya 20 cm. BMKG mengimbau pelaku tambak un- tuk berhati-hati agar tambaknya tidak jebol.

Namun, imbauan tersebut tidak membuat warga pesisir kalang kabut. Salah satunya, M. Sakban yang tinggal di Jalan Pantai Kenjeran. Pria yang sudah lama menjadi nelayan itu mengaku tidak kaget saat mendengar hal tersebut.

Menurut dia, masyarakat pesisir sudah mengalami banyak musibah yang berterkait­an dengan air laut. Karena itu, mereka tahu kapan banjir rob terjadi tanpa melihat peringatan dari BMKG. ’’Kami sudah hafal sama fenomena alam. Sudah tidak ada nelayan di sini yang berani melaut kok,’’ ucapnya.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? WASPADA: Mendung hitam terlihat di Pantai Kenjeran kemarin sore (31/12). BMKG mengimbau masyarakat untuk mewaspadai terjadinya banjir rob di wilayah Jawa timur.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS WASPADA: Mendung hitam terlihat di Pantai Kenjeran kemarin sore (31/12). BMKG mengimbau masyarakat untuk mewaspadai terjadinya banjir rob di wilayah Jawa timur.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia