Jawa Pos

Sriwijaya Pilih Tur Jawa

- TATKALA (JPG/ham)

Persija Jakarta dan Mitra Kukar memilih tur pramusim ke luar negeri, Sriwijaya FC yang musim ini berambisi besar memilih tetap di dalam negeri. Pelatih Sriwijaya FC Rahmad Darmawan memilih tur Pulau Jawa dengan tujuan utama, Jogjakarta dan Malang.

RD –sapaan Rahmad– mengatakan, iklim sepak bola di kedua kota itu cukup kuat dan membuat mereka memiliki lebih banyak opsi melakukan uji tanding. ”Kami akan lihat seperti apa kebutuhann­ya. Nanti juga akan dikomunika­sikan dengan manajemen. Rencananya, kalau memang diperboleh­kan, kami mau dua kota itu,” katanya.

Di Malang, ada Arema FC. Kalaupun tidak beruji tanding di sana, bisa menjadi lokasi yang pas untuk pemusatan latihan karena udaranya yang sejuk sekaligus merefresh kondisi pemain. Adapun di Jogjakarta, lebih memiliki banyak pilihan karena dekat dengan Solo dan Semarang.

”Belum ada pilihan lain. Kalaupun disetujui, mungkin di atas 6 Januari kami berangkat,” kata RD.

Ya, Jogjakarta memang tidak memiliki klub Liga 1, tapi ada PSS Sleman dan PSIM Jogjakarta yang musim lalu berlaga di Liga 2 serta memiliki kekuatan yang cukup baik. Lalu di Solo ada Persis yang juga musim lalu di Liga 2. Kemudian di Semarang ada PSIS yang baru promosi ke Liga 1.

Musim depan, RD diberi target tinggi. Klub berjuluk Laskar Wong Kito itu dituntut untuk kembali ke papan atas. Minimal, mereka bisa bermain di AFC Cup pada musim berikutnya. Musim lalu, Sriwijaya hanya finis di peringkat ke-11 klasemen akhir Liga 1.

Musim depan, diyakini persaingan akan semakin ketat. Sebab, selain klub yang musim lalu berada di papan atas seperti Bhayangkar­a FC, Bali United, PSM Makassar, Persija Jakarta, dan Madura United, Persipura Jayapura serta Persib Bandung berambisi bangkit.

Belum lagi kekuatan baru dari tim promosi seperti PSIS Semarang, Persebaya Surabaya, dan PSMS Medan, yang mungkin saja menghadirk­an kejutan. ”Musim depan tentu ketat. Tentu kami harus punya persiapan yang matang,” mantan pelatih Persipura Jayapura itu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia