Jawa Pos

SAMA-SAMA KECEWA

- (ren/c17/bas)

LONDON – Ambisi Manchester City untuk menorehkan rekor baru gagal terwujud. Di Selhurst Park, London, tadi malam WIB, tuan rumah Crystal Palace sukses menggagalk­an misi City untuk mencatatka­n streak 19 kemenangan beruntun di Premier League. The Citizens –julukan City– dipaksa bermain imbang tanpa gol.

Hasil tersebut sekaligus menggagalk­an peluang Pep Guardiola untuk menyamai rekornya bersama Bayern Muenchen. Ketika menangani Bayern pada musim 2013–2014, Guardiola berhasil menorehkan 19 kemenangan beruntun di Bundesliga.

Palace sekaligus menjadi klub kedua yang menahan City musim ini. Tim pertama yang mela- kukannya adalah Everton pada pekan kedua, 21 Agustus lalu. Palace pun menjadi klub pertama yang memaksa City tidak mampu mencetak gol di Premier League sepanjang 2017. Kali terakhir City bermain tanpa gol dalam derby Manchester di Etihad pada 28 April silam.

Fernandinh­o dkk makin sial. Sebab, dua pemain City harus minggir karena cedera. Gabriel Jesus ditarik pada 20 menit pertama karena cedera ligamen lutut. Lalu, Kevin De Bruyne pada menit-menit akhir juga dilaporkan mengalami cedera yang sama. Bahkan, De Bruyne ditarik ke luar lapangan dengan ditandu. Kepada

talksport, Guardiola menyebut cedera Jesus lebih parah. ’’Dia (Jesus) mungkin harus out selama satu atau dua bulan,’’ ucap Guardiola.

Total City melepaskan 15 tembakan ke gawang Wayne Hennesey dengan empat di antaranya tepat sasaran. Itu upaya terbanyak City untuk menciptaka­n satu gol ke gawang lawan musim ini. Tak hanya gagal menjebol gawang Hennesey, City bahkan nyaris mendapat kekalahan pertama musim ini. Beruntung, kiper Ederson Moraes pada menit kedua injury time berhasil mengeblok tendangan penalti Luka Milivojevi­c. Bagi Ederson, itu adalah penyelamat­an kesepuluhn­ya di segala ajang setelah 17 kali berhadapan dengan tendangan penalti. Tak hanya City, rival terdekat Manchester United juga sial di pengujung tahun. Mereka dipaksa bermain imbang tanpa gol saat menjamu Southampto­n di Old Trafford, Manchester. Empat laga beruntun tanpa kemenangan sekaligus menjadi catatan terburuk United. Uniknya, jumlah upaya United menjebol gawang Soton sama persis dengan jumlah tembakan City tadi malam WIB. United juga gagal mencetak satu gol pun dari 15 tembakan ke gawang Alex McCarthy. Bedanya, tidak ada penalti yang diberikan wasit dalam laga United, meski Jesse Lingard dihentikan Maya Yoshida di kotak penalti.

’’Saya tidak senang dengan keputusan Craig (Pawson, wasit) itu. Saya akui sepanjang laga tidak ada yang salah. Hanya keputusan tentang penalti itu yang jadi keputusan terbesar, dan itu menjadi penentu hasil akhir,’’ kecam Jose Mourinho, pelatih United, kepada BBC Sports.

 ?? JOHN SIBLEY/REUTERS ?? NYARIS TERNODA: Kiper Manchester City Ederson Moraes menggagalk­an penalti Luka Milivojevi­c (kanan) pada laga di Selhurst Park, London, tadi malam.
JOHN SIBLEY/REUTERS NYARIS TERNODA: Kiper Manchester City Ederson Moraes menggagalk­an penalti Luka Milivojevi­c (kanan) pada laga di Selhurst Park, London, tadi malam.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia