Jawa Pos

Tetap Mesra di Level Klub

Relasi sepak bola Indonesia dengan negara jiran Malaysia memang selalu naik turun. Terbaru, Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi melarang dua pemain timnas Indonesia, Evan Dimas dan Ilham Udin Armayn, bermain di Liga Malaysia meski telah mengikat kontrak dengan

-

ini, ada banyak klub Indonesia dan Malaysia yang tetap menjalin hubungan dengan cukup baik. Faktanya, ada beberapa klub Indonesia yang menjalani pramusim di Malaysia dan sebaliknya. Persija Jakarta dan Mitra Kukar merupakan dua klub Indonesia yang melakoni pramusim di Malaysia.

Ya, Macan Kemayoran –julukan Persija– bakal tampil dalam Malaysia Super Cup bersama Kelantan FC sebagai tuan rumah serta klub Thailand Ratchaburi FC di Stadion Nasional KL Sports City, Malaysia, 13–20 Januari nanti. Sementara itu, Mitra Kukar uji tanding melawan Johor Darul Ta’zim di Malaysia pada 5 dan 11 Januari.

Direktur Utama Persija Gede Widiade mengatakan, timnya tetap harus tampil di Malaysia Super Cup tersebut karena sudah lama memberikan kata sepakat untuk ikut. Meski jadwal turnamen di Malaysia tersebut hampir bersamaan dengan jadwal turnamen Piala Presiden yang kickoff pada 16 Januari.

’’Selain menjadi ajang seleksi, kami putuskan untuk memenuhi undangan penyelengg­ara. Sebab, tanpa Persija, turnamen itu tidak akan jalan,’’ kata Gede. ’’Kami juga sudah berkomunik­asi dengan penyelengg­ara Piala Presiden supaya ada penyesuaia­n dengan jadwal laga kami di Malaysia nanti,’’ ujarnya.

Bagi klub seperti Persija yang akan bermain di AFC Cup 2018, menjajal klub luar negeri sangat penting untuk memberikan pengalaman. Dengan begitu, ketika turun di ajang Asia, para pemain sudah siap. Sesuai drawing, Persija akan tergabung dalam grup H.

Ya, dalam grup tersebut, klub asal ibu kota itu akan menghadapi wakil Singapura antara Tampines Rovers atau Geylang United, kemudian wakil Malaysia Johor Darul Ta’zim (JDT) atau Selangor FA, dan klub Vietnam Song Lam Nghe An FC. Tampines Rovers dan JDT baru akan masuk ke grup itu jika mereka gagal di babak play-off Liga Champions Asia 2018.

Sementara itu, Mitra Kukar juga sudah mengonfirm­asi akan menghadapi juara Malaysia Johor Darul Ta’zim pada 5 dan 11 Januari. ’’Rencananya, dua hari sebelum kickoff skuad kami sudah berada di Malaysia,’’ kata Suwanto, direktur Mitra Kukar.

Selain itu, ada dua turnamen pramusim di dalam negeri yang mengundang klub Malaysia, yakni Suramadu Super Cup 2018 yang melibatkan kontestan asal Malaysia, Kedah FA. Mereka akan bersaing bersama tuan rumah Madura United, Persela Lamongan, dan Persija Jakarta mulai 8–12 Januari nanti.

Lalu, ada Negeri Sembilan FA yang mengambil bagian dalam Makassar Super Cup 2018 dengan melibatkan PSM Makassar sebagai tuan rumah. Tim lain yang berpartisi­pasi dalam event yang digelar di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, itu adalah Adelaide United ( Australia) serta Home United (Singapura).

 ?? PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS ?? SEMANGAT: Persija akan menjalani pramusim di Malaysia untuk persiapan menuju AFC Cup musim depan. PEMANASAN: Para pemain Mitra Kukar akan menjalani uji tanding dengan klub Malaysia pada pramusim ini.
PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS SEMANGAT: Persija akan menjalani pramusim di Malaysia untuk persiapan menuju AFC Cup musim depan. PEMANASAN: Para pemain Mitra Kukar akan menjalani uji tanding dengan klub Malaysia pada pramusim ini.
 ?? DONNY/KALTIM POST ??
DONNY/KALTIM POST

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia