Jawa Pos

Jawab Tantangan Global dan Tuntutan Masa Depan

Ilmu Komunikasi UK Petra Rambah New Media dan Entreprene­urship

-

KOMUNIKASI yang tepat memungkink­an seseorang atau organisasi mendulang prestasi. Kondisi ini menuntut ketersedia­an sumber daya manusia yang melek komunikasi, berintegri­tas, serta memiliki daya saing tinggi.

Menjawab kebutuhan itu, Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi (Ilkom) Universita­s Kristen Petra (UK Petra) hadir untuk melahirkan lulusan yang berkompete­n. Hal ini dibuktikan dengan akreditasi A yang telah diraih sejak 2006.

Ilkom UK Petra memiliki dua peminatan utama. Yaitu, corporate communicat­ion dan mass communicat­ion. ”Kami merupakan prodi pertama yang berani memecah public relationsh­ip menjadi dua bidang itu,” papar Ketua Prodi Ilmu Komunikasi UK Petra Desi Yoanita SSos MMed Kom.

Pada peminatan corporate communicat­ion, mahasiswa akan belajar menjadi seorang public relations (PR) profesiona­l. Corporate communicat­ion dibedakan menjadi corporate PR (CPR) dan marketing PR (MPR) yang bertanggun­g jawab dalam proses komunikasi organisasi kepada publik.

Mengomunik­asikan sebuah organisasi atau perusahaan kepada media massa, komunitas, pemerintah, dan publik internal perusahaan adalah tugas CPR. Selain itu, CPR fokus pada pembentuka­n dan pengelolaa­n citra perusahaan.

Sedangkan peminatan MPR, mahasiswa diajarkan untuk selalu jeli terhadap perkembang­an brand perusahaan, produk, serta perilaku konsumen. Mahasiswa diharapkan memiliki ketrampila­n dalam riset, memahami model pasar, mengekseku­si komunikasi melalui iklan, dan berhadapan dengan konsumen.

Peminatan mass communicat­ion mempersiap­kan mahasiswa untuk bekerja di industri media massa. Ada dua pengkhusus­an, yaitu, penyiaran televisi yang akan mengajarka­n pengetahua­n di depan dan belakang layar, membuat program televisi, menggunaka­n kamera, menjadi presenter, dan jurnalis media cetak serta online. Mahasiswa juga dididik menjadi reporter, editor, bahkan pimpinan redaksi.

Dalam kurikulum 2017, Ilkom UK Petra mempertaja­m muatan pembelajar­an mengenai new media dan entreprene­urship. Hal itu dilakukan untuk membekali mahasiswa agar siap menjawab tantangan perkembang­an teknologi komunikasi dan informasi sekaligus persaingan sumber daya manusia.

Untuk mendukung proses belajar mengajar, tersedia fasilitas laboratori­um, seperti televisi, radio, media, dan public relations. Selain itu, mahasiswa wajib mengikuti magang untuk mengaplika­sikan ilmu serta memberikan kontribusi nyata kepada perusahaan. Magang dilakukan di berbagai korporasi lokal, nasional, maupun internasio­nal yang telah berjejarin­g dengan Ilkom UK Petra.

Desi mengatakan bahwa program magang merupakan salah satu bukti bahwa mereka telah menuju pada industri global. ”Sejauh ini, telah ada beberapa mahasiswa yang magang di luar negeri,” terangnya.

Mahasiswa Ilkom UK Petra berkesempa­tan untuk mengikuti program student exchange, summer program, internatio­nal service learning, dan sejumlah program internasio­nal lainnya. Melalui kegiatan tersebut mahasiswa bisa mencicipi pengalaman di kancah internasio­nal, menambah jejaring, sekaligus memberi nilai tambah ketika terjun ke dunia kerja.

 ?? UK PETRA FOR JAWA POS ?? PRAKTIK LANGSUNG: Aktivitas belajar mengajar di Prodi Ilmu Komunikasi UK Petra Surabaya. Mahasiswa dibekali dengan materi teori dan praktik serta kesempatan magang di perusahaan dalam negeri maupun luar negeri.
UK PETRA FOR JAWA POS PRAKTIK LANGSUNG: Aktivitas belajar mengajar di Prodi Ilmu Komunikasi UK Petra Surabaya. Mahasiswa dibekali dengan materi teori dan praktik serta kesempatan magang di perusahaan dalam negeri maupun luar negeri.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia