Jawa Pos

Ada Sumur Warga yang Ambles Lagi

-

POTENSI bencana sumur ambles di wilayah Kecamatan Puncu kini kembali muncul. Setelah enam bulan fenomena itu berhenti pada musim kemarau, saat musim hujan kali ini potensi tersebut mulai muncul.

Dua sumur warga diketahui kembali ambles pada Minggu malam (7/1). Mengetahui kejadian tersebut, Badan Penanggula­ngan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri melakukan pengawasan intensif di wilayah Puncu.

Plt Kepala BPBD Kabupaten Kediri Randy Agatha Sakaira menerangka­n, di Desa Manggis dan Wonorejo, Kecamatan Kepung, ada sumur yang baru saja ambles karena hujan deras Minggu malam. Pihaknya telah menerjunka­n personel. ’’Fenomenany­a sama dengan tahun lalu,’’ ungkap pria asal Kecamatan Badas itu.

Dia menerangka­n, sumur tersebut ambles karena debit air sumur meningkat. Hal itu membuat dindingdin­ding sumur gembur saat musim hujan seperti saat ini. Selain itu, karena guyuran hujan, tanah pasir di dua desa tersebut labil dan mudah tergerus.

’’Kontruksi bangunan sumur juga rata-rata kurang pas dan rawan ambles saat air naik,’’ jelas Randy.

Melihat tanda-tanda tersebut, pihaknya pun mengimbau masyarakat Kepung dan sekitarnya untuk lebih waspada. Terlebih bagi warga yang memiliki sumur manual.

Potensi bencana tersebut tidak hanya muncul di wilayah Puncu. Berkaca pada tahun lalu, sumur ambles terjadi serentak hingga ke Desa Sumberagun­g, Kecamatan Plosoklate­n.

’’Sekitar lereng Kelud sebenarnya berpotensi. Karena itu, kami imbau warga di kecamatan-kecamatan lain waspada,’’ tegasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia