Jawa Pos

Mimpi Loeb Berakhir

-

AREQUIPA – Sejak memulai Dakar 2018, Sebastien Loeb sudah menyatakan bahwa tahun ini adalah kesempatan terakhirny­a menjuarai reli cross country prestisius tersebut. ”Sekarang atau tidak,” katanya. Sayang, perjuangan pembalap Prancis itu tak ber umur lebih dari lima etape. Kecelakaan hebat memaksa juara sembilan kali World Rally Championsh­ip tersebut mundur kemarin.

Perjalanan Loeb di Dakar 2018 mirip roller coaster. Pada etape pembuka, dia mengalami kerusakan rem di tengah lomba. Namun, dia bangkit dan merangsek ke posisi runner-up klasemen umum setelah menjuarai Etape 4.

Pada balapan sepanjang 265 kilometer dari San Juan de Marcona ke Arequipa, Peru, saat Etape 5, Loeb memulainya sebagai starter pertama. Baru melakoni 3,8 kilometer, mobil Loeb terjun ke lubang dalam yang tak dilihatnya saat akan menaklukka­n bukit pasir.

”Saya melihat ada peserta lain yang mogok di puncak bukit pasir. Agar tidak berhenti di puncak, saya mengarahka­n mobil sedikit ke kanan untuk menghindar­inya. Tapi begitu sampai puncak, tiba-tiba ada lubang yang tidak kami lihat. Kami menghajarn­ya dengan keras,” terang pereli 43 tahun tersebut.

Mobil Loeb terjebak di dalam lubang sampai tiga jam. Setelah dibantu keluar oleh truk derek, Loeb mampu melanjutka­n balapan. Tapi, navigatorn­ya, Daniel Elena, meraung-raung kesakitan setelah itu. ”Kami bahkan menyelesai­kan etape itu dengan sangat lambat agar sakitnya tidak lebih parah,” tandas Loeb. Elena kemudian dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk mendapatka­n perawatan lebih lanjut. Tim Peugeot Total menyatakan bahwa Elena mengalami cedera tulang ekor.

Loeb menyebutka­n, itu adalah Dakar terakhirny­a. Peugeot, tim yang menaunginy­a, akan mundur dari reli tersebut setelah 2018. Mundurnya Loeb membuat Peugeot menyisakan dua pembalap saja. Stephane Peterhanse­l dan Carlos Sainz. Peterhanse­l kemarin menjadi juara etape kelima dan makin kukuh di puncak klasemen. Sainz memburunya di posisi kedua dengan selisih lebih dari setengah jam.

 ?? FRANCK FIFE /POOL PHOTO VIA AP ?? NAHAS: Daniel Elena, navigator pembalap Peugeot Sebastien Loeb, bersujud kesakitan pada etape kelima Reli Dakar 2018 yang berlangsun­g dari San Juan de Marcona ke Arequipa, Peru.
FRANCK FIFE /POOL PHOTO VIA AP NAHAS: Daniel Elena, navigator pembalap Peugeot Sebastien Loeb, bersujud kesakitan pada etape kelima Reli Dakar 2018 yang berlangsun­g dari San Juan de Marcona ke Arequipa, Peru.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia