Jawa Pos

Lebih Praktis dan Efisien

Punya Kantor di Apartemen

-

SURABAYA – Konsep perkantora­n modern merujuk pada efektivita­s ruang dan waktu. Salah satu pen g aplikasi a n nya, kantor di apartemen. Efektivita­s itu diterapkan oleh Sunarto dengan bisnis konsultan pajak yang dirintis setahun terakhir ini.

Apartemen menjadi bidikan para pebisnis start-up. Hal tersebut memenuhi berbagai kebutuhan standar perkantora­n seperti lokasi strategis dan akses yang mudah dijangkau. ’’Saya sempat survei ke beberapa gedung perkantora­n. Jatuhnya, saya pilih apartemen karena lebih ngirit dan praktis,’’ ujarnya kala ditemui kemarin (11/1).

Narto, sapaan Sunarto, menyewa salah satu unit apartemen di SKYLOFT a Lifestyle SOHO. Small office home office (SOHO) merupakan tipe terbaru yang disediakan untuk membidik konsep kantor kekinian.

Satu unit SOHO memiliki dua lantai. Luas unit itu 120 meter persegi. Biasanya, lantai bawah digunakan sebagai kantor, sedangkan lantai 2 untuk tempat tinggal. Namun, Narto memanfaatk­an keseluruha­n lantai menjadi kantor. Pemandanga­n kota jadi salah satu daya tarik.

Di lantai 1 terdapat satu meja resepsioni­s, meja staf, ruang meeting kecil yang mampu menampung sepuluh orang, dan kamar mandi. ’’Kalau mau meeting dengan jumlah peserta lebih besar, kami bisa menggunaka­n fasilitas ruang meeting bersama di lantai lain,’’ jelasnya. Itu pun sangat jarang. ’’ Meeting sekarang fleksibel, bisa di coffee shop juga,’’ lanjutnya.

Menjalani bisnis start-up membuat pria kelahiran N g anju k tersebut mempertimb­angkan desain kantor modern. Salah satu alasan memilih konsep kantor di apartemen, mereka memiliki lobi sekaligus resepsioni­s yang bagus. ’’Itu berdampak juga pada branding kantor saya,’’ ungkap managing partner Artax Tax Advisory & Consulting tersebut.

Sementara itu, bekerja di bidang kesehatan membuat Elisabeth Meliana memilih apartemen yang menjual pemandanga­n kota dan lapangan golf. Kantornya bergerak sebagai Healthy Informatio­n Center yang di- support Cancer Awareness Community. ”Kami ingin membuat orang-orang yang ke sini merasa tenang dan nyaman. Sebab, yang ke sini biasanya pasien pengidap kanker dan penyakit lain,” jelasnya.

Healthy Informatio­n Center menempati unit di 9blv Office Tower di Mal Lenmarc. Unit seluas 152 meter persegi itu dibagi menjadi empat ruangan.

Menurut Meliana, alamat kantor di apartemen gampang ditemukan. Apalagi jika menempel dengan gedung ikonik seperti mal. Seperti Narto, Meliana memiliki anggapan yang sama tentang kantor era sekarang. Tidak perlu ada plang besar yang terpampang di pinggir jalan. ’’Orang sudah tahu (alamat) cukup melalui online. Mau meeting juga bisa by appointmen­t,’’ jelas perempuan 34 tahun yang juga merupakan survivor kanker itu.

Berdirinya sebuah apartemen harus didukung dengan lingkungan di sekitarnya. ’’Apartemen tidak boleh stand alone. Sebuah apartemen berkembang di lingkungan yang ramai. Misalnya, terdapat mal, pertokoan, sekolah, dan lain-lain,’’ kata Operationa­l GM Apartment, SOHO, dan Office Tower Tutut Gunaedi.

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? VIEW AREA GOLF: Elisabeth Meliana (kanan) bersama tim kerjanya di kantor Healthy Informatio­n Center kemarin (11/1). Lebih praktis, adakan meeting by appointmen­t.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS VIEW AREA GOLF: Elisabeth Meliana (kanan) bersama tim kerjanya di kantor Healthy Informatio­n Center kemarin (11/1). Lebih praktis, adakan meeting by appointmen­t.
 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? GAYA MINIMALIS: Sunarto (dua dari kanan) di kantornya yang terletak di SKYLOFT a Lifestyle SOHO. Menurutnya, berkantor di apartemen lebih praktis.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS GAYA MINIMALIS: Sunarto (dua dari kanan) di kantornya yang terletak di SKYLOFT a Lifestyle SOHO. Menurutnya, berkantor di apartemen lebih praktis.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia