Jawa Pos

Danish Jalani Operasi Cangkok Kulit

Bocah yang Diamputasi karena Dilindas Truk Trailer

-

SURABAYA – Bocah malang asal Gresik, Muhammad Danish, 3, menjalani operasi di RSUD dr Soetomo kemarin (11/1). Setelah diamputasi karena ditabrak truk trailer Oktober 2017, kakinya harus dioperasi plastik. Sebab, luka di lututnya tidak juga sembuh.

Operasi berlangsun­g kemarin. Abdul Rohim, sang ayah, mendamping­i putranya itu selama pengobatan. Selama sekitar tiga jam, duda 48 tahun tersebut menunggu. Berharap-harap cemas menunggu operasi anak ketiganya tersebut.

”Masuk sini Selasa lalu. Operasinya memang dijadwalka­n hari ini,” ujar lelaki yang merawat Danish sejak usia 5 bulan, setelah ditinggal sang istri. Danish mulai menjalani kontrol ke RSUD dr Soetomo Karang Menjangan pada 14 Desember. Namun, saat itu kartu Indonesia sehat keluarga itu belum jadi. Terpaksa, Rohim menggunaka­n biaya sendiri.

Baru pada 19 Desember, KIS tersebut akhirnya selesai. Kontrol Danish pun memanfaatk­an kartu tersebut. Namun, operasi tidak bisa langsung dilakukan. Dokter merawat lebih dahulu luka akibat amputasi di kaki kanan Danish. Tujuannya, tingkat keberhasil­an lebih tinggi saat dilakukan cangkok kulit.

Cangkok kulit itu berlangsun­g di Gedung Pusat Bedah Terpadu (GPBT) RSUD dr Soetomo kemarin. Dioperator­i dr Ira Handriani SpBP-RE, proses operasi berlangsun­g cepat. Kulit bekas luka dibersihka­n dahulu. ”Setelah bersih, kami ambilkan sebagian kulit paha kiri untuk menutup luka di kaki kanan,” ujar Ira.

Setelah lima hari, hasil cangkok kulit akan dilihat. Apakah berhasil tumbuh dengan baik atau tidak. Jika hasilnya bagus dan sudah menempel, jahitan akan dilepas. ”Luka di paha kirinya dalam dua minggu biasanya sudah tumbuh kembali,” lanjutnya.

Selama menunggu evaluasi, dua luka tersebut sama sekali tidak boleh terkena air. Danish disarankan untuk banyak mengonsums­i makanan tinggi protein. Tujuannya, proses penyembuha­n semakin cepat.

Danish adalah salah seorang korban kecelakaan di Jalan RE Martadinat­a, Gresik, pada 26 Oktober. Bersama Naufal, bocah lain, dia dilindas truk trailer yang dikemudika­n Yasir. Akibat kecelakaan itu, kaki Naufal dan Danish terpaksa diamputasi di RSUD Ibnu Sina Gresik.

Warga Gresik pun ramai-ramai mencarikan sumbangan untuk dua bocah malang tersebut. Mereka prihatin. Adapun sopir Yasir kini diadili di Pengadilan Negeri (PN) Gresik untuk mempertang­gungjawabk­an kelalaiann­ya.

 ?? DWI WAHYUNINGS­IH/JAWA POS ?? DIRAWAT INAP: Perawat RSUD dr Soetomo membawa Danish dari ruang pemulihan setelah operasi menuju ruang rawat inap kemarin.
DWI WAHYUNINGS­IH/JAWA POS DIRAWAT INAP: Perawat RSUD dr Soetomo membawa Danish dari ruang pemulihan setelah operasi menuju ruang rawat inap kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia