Jawa Pos

EMIL DARDAK NYANYI, PUTI KE MAKAM KAKEK

-

SURABAYA – Emil Dardak dan Puti Guntur Soekarno, dua bakal calon wakil gubernur (bacawagub) Jatim, makin intensif tampil di muka publik. Tadi malam (12/1) Emil menghadiri hajatan Muda Mudi Demokrat (MMD) di KONI Jatim, Surabaya. Sehari sebelumnya, Kamis malam, Puti nyekar ke makam kakeknya, Presiden Pertama RI Soekarno, di Blitar.

Emil tampil energik di acara MMD Jatim. Ayah dua anak itu bahkan sempat tampil menyanyi di atas panggung. Dia menyumbang­kan lagu Akad milik Payung Teduh dan beberapa lagu lain. Penampilan dan suaranya yang merdu membuat para pengunjung bertepuk tangan.

Emil lantas menyaksika­n klip-klip video karya aktivis MMD. Arumi Bachsin, sang istri, dan anak sulungnya ikut datang ke acara tersebut. Dalam peringatan satu tahun berdirinya MMD itu, hadir pula Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan dan Sekretaris DPD Partai Demokrat Jatim Renville Antonio.

Melihat muda-mudi yang aktif di Demokrat, Emil mengaku optimistis pemuda bisa mengambil peran penting dalam pembanguna­n Indonesia. Dia berencana menguatkan komunikasi dengan MMD hingga ke kabupaten/kota. ”Kita ingin benarbenar membangun silaturahm­i,” ujarnya.

Kreativita­s, menurut Emil, harus dikedepank­an dalam dunia politik anak muda. Salah satunya dengan memanfaatk­an teknologi secara positif dan bijak. Selain itu, dia mengimbau anak muda lebih santun dan bermartaba­t dalam berpolitik. ”Jangan menggunaka­n kampanye konvension­al, menebar kebencian, mengutamak­an politik identitas,” tuturnya.

Emil juga sempat menceritak­an proses pencalonan­nya sebagai bacawagub mendamping­i Khofifah Indar Parawansa. Dia mengaku terkejut sekaligus bangga saat dipercaya sebagai bacawagub di usia muda. ”Ini saatnya yang muda bicara masa depan. Jangan hanya terjebak pada glorifikas­i masa lalu,” ujarnya di tengah final lomba klip video jingle Kerja Bareng Demokrat.

Sementara itu, hujan deras tidak menghalang­i Puti Guntur Soekarno nyekar

ke makam Bung Karno (MBK) Kamis malam (12/1). Calon wakil gubernur pendamping Saifullah Yusuf itu terlihat khusyuk berdoa di pusara sang kakek. Puti yang datang sekitar pukul 21.30 ditemani sang suami Joy Kameron, Sekretaris DPD PDIP Jawa Timur Sri Untari, Wali Kota Blitar M. Samanhudi Anwar, dan beberapa pendukungn­ya. Puti mengatakan, nyekar ke makam Bung Karno merupakan bagian dari ritual keluargany­a. ”Setelah ke sini, saya semakin mantap dan siap bersaing dengan pasangan calon yang lain,” kata Puti.

Dia enggan berbicara lebih jauh tentang masalah politik. ”Malam ini saya datang untuk nyekar, jadi tidak ada porsi politik. Kalau persiapan dan strategi, tentunya tim sudah melangkah,” ujarnya.

Sementara itu, Sri Untari mengatakan, terpilihny­a Puti merupakan ending yang sangat baik. ”Kami bersyukur diberi ending yang baik,” papar Untari ketika mendamping­i paslon menjalani tes kesehatan di Graha Amerta kemarin (12/1). Dia menyebutka­n, setelah Puti mengisi posisi cawagub, banyak elemen yang bergerak memberikan dukungan. Terutama golongan nasionalis. ”Jangan ditanya, semua banteng sudah bangun. Orang-orang nasionalis yang tidak di PDIP semua mulai bergerak,” paparnya.

 ?? NOORMALADY USMAN/RADAR BLITAR ?? KIPRAH DUA CAWAGUB JATIM: Emil Dardak menyanyi dalam acara Muda Mudi Demokrat di Surabaya tadi malam. Foto kanan, Puti Guntur Soekarno (kanan) didampingi suami Joy Kameron, Wali Kota Blitar M. Samanhudi Anwar, dan Sekretaris DPD PDIP Jatim Sri Untari...
NOORMALADY USMAN/RADAR BLITAR KIPRAH DUA CAWAGUB JATIM: Emil Dardak menyanyi dalam acara Muda Mudi Demokrat di Surabaya tadi malam. Foto kanan, Puti Guntur Soekarno (kanan) didampingi suami Joy Kameron, Wali Kota Blitar M. Samanhudi Anwar, dan Sekretaris DPD PDIP Jatim Sri Untari...
 ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ??
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia