Jawa Pos

Jamaluddin Jafar, Cabup Rp 8,5 Triliun

-

MAKASSAR – Bakal calon kepala daerah telah melaporkan kekayaan masing-masing ke KPK. Harta calon bupati Pinrang Jamaluddin Jafar diperkirak­an menjadi yang tertinggi di antara para kandidat kepala daerah se-Indonesia.

Kekayaan pria berusia 62 tahun tersebut mencapai Rp 8,5 triliun. Dialah satu-satunya bakal calon bupati di Sulawesi Selatan dengan kekayaan yang telah dilaporkan mencapai triliunan rupiah. Kandidat lain melaporkan kekayaan miliaran rupiah.

Siapakah sosok dengan kekayaan hingga Rp 8,5 triliun itu? Jamaluddin Jafar Jerre tercatat sebagai anggota DPR dari Partai Amanat Nasional (PAN). Legislator dari daerah pemilihan Papua itu tergolong pengusaha besar di Indonesia timur. Terutama di tanah Papua.

Kepada Fajar ( Jawa Pos Group) yang menghubung­inya kemarin (12/1), anggota DPR dua periode itu memerinci beberapa jenis sektor usahanya. Dia memiliki jaringan usaha di sektor otomotif, properti, perkebunan, dan perdaganga­n.

”Lumayan lah. Kami diler otomotif terbesar di Papua. Usaha lain juga berjalan baik di sana. Pendapatan pemerintah Papua dari pajak perusahaan saya besar,” ungkapnya.

Menurut Jamaluddin, total harta kekayaanny­a yang dilaporkan ke KPU tak seperti yang dilaporkan ke KPK. Dia mengaku hanya memasukkan laporan harta dan aset pribadi ke KPU Pinrang. ” Totalnya mungkin sekitar Rp 15 miliar kalau pribadi. Beda dengan harta kekayaan perusahaan,” tuturnya.

Selain sebagai pengusaha, pria asli Pinrang tersebut berkiprah sebagai politikus di Senayan. Dia terpilih dua periode mewakili daerah pemilihan Papua. Periode pertama sebagai legislator pada 2009–2014 dari PAN. Kemudian, saat pemilihan legislatif 2014, Jamaluddin terpilih lagi sebagai anggota DPR untuk periode kedua.

Di pilkada Pinrang, Jamaluddin berpasanga­n dengan Camat Patampanua Andi Sofyan Nawir sebagai wakil. Sofyan merupakan anak koleganya di DPR yang juga mantan bupati Pinrang, (alm) Andi Nawir Pasinringi.

 ?? ABE BANDOE/FAJAR/JPG ?? Jamaluddin Jafar
ABE BANDOE/FAJAR/JPG Jamaluddin Jafar

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia