Jawa Pos

Perlu Siapkan Banyak Ruang Sidang

Tahun ini inni mereka akan sibuk sekali. Mencermati para penyelengg­ara pilkada serentak di 171 daerah. Seb Sebab, ba terpelihar­anya integritas KPU dan Bawaslu merupakan kunci terpenting di balik berkualita­snya berkualita­s sn pesta demokrasi. Berikut obrol

-

Apa saja persiapanp­ers DKPP dalam mmerespons­er kemungkina­nkinan lolonjakan­on pengaduan kinerja a penyelengg­ara p pilkadada pilkad di tahun ini?

Kami Kam mi memikirkan perlunya perlu un ruang sidang yang ban banyak. nya Bagian pengaduan, pen ng persidanga­n, kami kam m siapkan. Kami training tra ain skill- nya. Kalau pe perlu, erl kami tambah main power (kekuatan ut utama). ta Sebab, sidang kam k kami mungkin tidak han h hanya di Jakarta, tapi ju juga ug berbagai provinsi.

DKPP berpotensi menjadi tempat ”balas dendam” kandidat yang kalah dengan menuding penyelengg­ara pilkada tidak adil. Bagaimana menyikapin­ya?

Sebagai dewan kehormatan, setiap pengadu punya hak. Kami tidak bisa menolak. Fokusnya, apakah pengaduan itu benar-benar didukung bukti atau hanya alasan.

Adakah pesan khusus bagi KPU dan Bawaslu/panwaslu di 17 provinsi dan 154 kabupaten/kota yang akan menggelar pilkada?

Langkah sosialisas­i sudah kami lakukan. Karena ini tahun politik, penyelengg­ara harus sadar betul apa yang menjadi kewajibann­ya. Terutama integritas dan independen­si. Itu harus dijaga betul.

Apa yang paling ditekankan berdasar pengalaman selama ini?

Banyak sekali aspeknya. Mulai pelayanan sampai profesiona­litas. Di antara pelanggara­n kode etik, yang paling berat adalah tidak independen atau money politics yang melibatkan penyelengg­ara.

 ?? FOLLY AKBAR/JAWA POS ?? ma m
FOLLY AKBAR/JAWA POS ma m

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia