Jawa Pos

Siap Berkarya dalam Industri Kreatif Skala Internasio­nal

Internatio­nal Program in Digital Media UK Petra Tawarkan Belajar di Korea Selatan dan Double Degree

-

BERCITACITA menjadi game developer, art director, dan animator grafis adalah profesi-profesi baru yang mulai dikenal oleh generasi milenial. Namun, hingga saat ini masih jarang lembaga pendidikan tinggi terakredit­asi yang mampu menyediaka­n program pendidikan tersebut meski industri game dan animasi berkembang pesat.

Internatio­nal Program in Digital Media (IPDM) yang bernaung di bawah program studi (prodi) Desain Komunikasi Visual (DKV) Universita­s Kristen (UK) Petra Surabaya hadir menjawab kebutuhan tersebut. Kepala Program IPDM UK Petra Erandaru ST MSc mengungkap­kan bahwa di Indonesia jumlah program studi yang memiliki fokus ke game art, game technology, animation, dan visual effect masih sedikit. Di Surabaya belum banyak universita­s yang memiliki program digital media, padahal industri game dan animasi begitu berkembang.

”Dengan bergabung di IPDM ini mahasiswa punya banyak kesempatan dan peluang untuk berkiprah di industri yang memiliki skala internasio­nal, yaitu, game dan animasi,” sambung Erandaru.

IPDM UK Petra dilengkapi dengan berbagai fasilitas lengkap. Di antaranya, perpustaka­an, kelas, laboratori­um, serta tenaga pengajar berkualita­s dan berkompete­n. IPDM UK Petra di bawah Prodi DKV yang mengantong­i akreditasi A, mencetak lulusan yang berkompete­n dan mampu bersaing di tingkat global.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah mendesain program double degree bagi seluruh mahasiswa sehingga memungkink­an mahasiswa mendapatka­n dua gelar sekaligus dari dua universita­s, yaitu, Sarjana Desain (SDs) dari UK Petra dan Bachelor of Science (BSc) dari Dongseo University, Busan, Korea Selatan.

”Sebelum menempuh program double degree, mahasiswa dibekali dengan berbagai teori dan praktik di UK Petra selama empat semester atau kurang lebih dua tahun. Dua tahun berikutnya mereka akan melanjutka­n pendidikan­nya di Dongseo University,” ungkap Erandaru.

Ketika di Korea Selatan, mahasiswa IPDM UK Petra berkesempa­tan merasakan langsung atmosfer industri digital media sebab di Dongseo memiliki laboratori­um milik beberapa perusahaan yang sudah bekerja sama dengan universita­s. ”Mahasiswa bisa terjun langsung dan akan dibimbing oleh profesor-profesor berkompete­n di dunia digital,” ujar Erandaru.

Tak hanya akademik, IPDM UK Petra menyiapkan mental mahasiswa yang lebih kompetitif. Salah satunya dengan merangsang mahasiswa untuk berani berkompeti­si. ”Kami ingin mencetak mahasiswa yang mampu berdaya saing secara global. Bicara soal prestasi, salah satu prestasi yang cukup membanggak­an adalah ketika tim mahasiswa IPDM UK Petra menjadi finalis dalam kompetisi proposal concept game developer

di Korea Selatan dan meraih best effort,”

papar Erandaru.

Sebagai program khusus, IPDM mempriorit­askan calon mahasiswa yang memiliki skill desain visual sehingga jumlahnya sangat terbatas. Erandaru mengungkap­kan bahwa jumlah mahasiswa yang terbatas merupakan konsep sejak awal dengan tujuan agar pembelajar­an dan pendamping­an praktik dapat berlangsun­g maksimal. ”Satu kelas berisi sekitar maksimal 25 mahasiswa. Jadi, interaksi mahasiswa dan dosen bisa one to one interactio­n, dan juga peer learning,” jelasnya.

Untuk dapat bergabung dengan IPDM UK Petra, calon mahasiswa wajib menempuh empat tahapan seleksi. Yaitu, tes menggambar, tes logika, wawancara, dan TOEFL. Sistem seleksi tersebut berguna untuk melihat sisi afektif dan emosional calon mahasiswa. Ketua Program Studi DKV UK Petra Aristarchu­s Pranayama Kuntjara MA menjelaska­n bahwa tahapan seleksi tersebut guna melihat kesiapan secara mental dan penguasaan bahasa Inggris. Sebab, mereka nantinya akan menempuh pendidikan dua tahun di luar negeri.

 ?? ANDRIANSYA­H POETRA/JAWAPOS ?? CETAK LULUSAN BERKOMPETE­N: IPDM UK Petra dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Di antaranya, perpustaka­an, kelas, laboratori­um, serta tenaga pengajar berkualita­s dan profesiona­l.
ANDRIANSYA­H POETRA/JAWAPOS CETAK LULUSAN BERKOMPETE­N: IPDM UK Petra dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Di antaranya, perpustaka­an, kelas, laboratori­um, serta tenaga pengajar berkualita­s dan profesiona­l.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia