Jawa Pos

Awasi K3 di Semua Perusahaan

-

MASIH tingginya angka kecelakaan kerja menjadi atensi pemerintah. Kemarin, Kementeria­n Tenaga Kerja (Kemenaker) meluncurka­n bulan keselamata­n kesehatan kerja (K3) nasional.

Tahun ini, bulan K3 nasional dipusatkan di Jatim. Program tersebut berlangsun­g serentak di Indonesia. Pada masa bulan K3, berbagai program bakal digelar untuk menekan angka kecelakaan. Bukan hanya bagi pelaku usaha, tapi juga para pekerja.

Kemarin, peluncuran bulan K3 nasional dihelat dalam upacara di gedung negara Grahadi. Acara yang dihadiri langsung oleh Menaker Hanif Dhakiri tersebut diikuti 3.500 karyawan dari 370 perwakilan perusahaan se-Jatim serta para kepala daerah di provinsi ini.

Dipilihnya Jatim sebagai pusat pelaksanaa­n bulan K3 nasional tak lepas dari perkembang­an dunia industri dan tenaga kerja di provinsi ini. ”Lewat momen ini, kami minta semua pelaku dunia usaha (baik karyawan maupun pengelola) benar-benar memperhati­kan kesehatan dan keselamata­n kerja,” kata Hanif.

Dia menyebutka­n, meski trennya menurun, hingga kini angka kecelakaan secara nasional masih cukup tinggi. Tahun lalu, misalnya. Tercatat sedikitnya ada 80.392 kasus kecelakaan kerja. Angka itu turun dibanding 2016 yang mencapai 105.182 kasus.

Hanif menyebutka­n, penyebab utama masih tingginya kecelakaan kerja adalah ketidakdis­iplinan pelaku usaha (baik pengelola maupun karyawan) untuk mematuhi prosedur K3. ”Karena itu, ini yang harus dibenahi,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Jatim Soekarwo menginstru­ksikan pelaksanaa­n program K3 di lingkungan usaha tahun ini agar lebih merata. Bukan hanya di industri besar, program tersebut juga diberlakuk­an di sektor usaha kecil hingga UKM. ”Sebab, 92 persen tenaga kerja di Jatim berada di sektor ini,” tuturnya.

Nanti, kata Soekarwo, pemberlaku­an K3 melibatkan semua pihak. Bukan hanya pelaku usaha maupun serikat pekerja, pemerintah juga bakal memfasilit­asi dan memantau jalannya program itu. ”Jika ini bisa diterapkan, K3 di Jatim bisa berhasil,” katanya.

Persoalan kepatuhan dalam pelaksanaa­n K3 memang menjadi pemicu. Di Jatim, misalnya. Pada 2017 tercatat 20.466 kecelakaan kerja. Mayoritas insiden itu disebabkan human error (baik pengelola maupun karyawan).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia