Jawa Pos

Kalteng Putra Gantikan Persipura

Opsi bila Mutiara Hitam Absen di Piala Presiden

-

JAKARTA – Organizing Committee (OC) Piala Presiden 2018 dibikin pusing oleh Persipura Jayapura. Hingga kemarin, belum ada kepastian apakah tim asal ujung timur Indonesia itu bakal turun di pentas pramusim tersebut. Terlebih, manajemen klub berjuluk Mutiara Hitam itu tengah mengalami kesulitan finansial.

Mereka menuntut agar subsidi Liga 1 2017 dituntaska­n PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan PSSI lebih dulu. Sebenarnya, ini bukan kali pertama Persipura absen di ajang Piala Presiden. Pada edisi pertama, yaitu 2015, Persipura harus absen karena tim tidak siap.

Saat ini, kondisi Persipura compangcam­ping. Mayoritas pemain reguler hengkang ke klub Liga 1 lainnya. Empat pemain berlabuh ke Persebaya Surabaya. Mereka adalah Ruben Sanadi, Osvaldo Haay, Ferinando Pahabol, dan Nelson Alom.

Dalam manager meeting Piala Presiden 2018 kemarin, perwakilan Persipura juga tidak hadir. Berlinton Siahaan, ketua OC Piala Presiden, berusaha meredam isu mundurnya Persipura. ’’Saya tegaskan juga di manager meeting, menyangkut PT LIB tidak terpaut dengan Piala Presiden,’’ ujarnya kepada awak media kemarin (12/1).

Dia melanjutka­n, OC sudah menyiapkan opsi tanpa keberadaan Persipura. Kalteng Putra yang menempati peringkat ketiga grup X babak delapan besar Liga 2 2017 disiapkan untuk menggantik­an Persipura. ’’Kami tunggu kepastiann­ya sampai dini hari nanti (hari ini, Red),’’ kata Tigorshalo­m Boboy, anggota OC Piala Presiden.

Sebelumnya, Ketua Umum Persipura Benhur Tommy Mano mengaku sulit mengantark­an timnya mengarungi turnamen Piala Presiden. ’’Kami sudah sampaikan ke PSSI agar melunasi dulu hak klub,’’ ucapnya.

Ada perubahan venue pertanding­an grup B Piala Presiden 2018. Yakni, dari Stadion Batakan, Balikpapan, ke Stadion Aji Imbut, Tenggarong, dengan tuan rumah Mitra Kukar. Sementara itu, venue opening ditetapkan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).( nap/ c18/ tom)

 ?? CHANDRA SATWIKA/JAWA POS ?? SIAP DIGELAR: Ketua OC Piala Presiden Berlinton Siahaan (kanan) dan anggota SC Airin Rachmi Diany dalam konferensi pers di Hotel Sultan, Jakarta.
CHANDRA SATWIKA/JAWA POS SIAP DIGELAR: Ketua OC Piala Presiden Berlinton Siahaan (kanan) dan anggota SC Airin Rachmi Diany dalam konferensi pers di Hotel Sultan, Jakarta.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia