Jawa Pos

Ini Bakal Spektakule­r

Menyambut Golovkin vs Alvarez Jilid II

-

NEW YORK – Rasa penasaran pencinta tinju dunia yang tertinggal pada 2017 segera terobati. Salah satu duel terbaik tahun lalu, yakni pertarunga­n kelas menengah antara Gennady Golovkin kontra Saul ”Canelo” Alvarez, siap melangsung­kan rematch pada 5 Mei mendatang. Duel itu dianggap belum usai lantaran hasil pertarunga­n pertama pada 16 September lalu imbang.

Akibat hasil seri tersebut, sabuk juara dunia kelas menengah versi WBA, WBC, IBF, dan IBO yang diperebutk­an masih digenggam Go- lovkin sebagai juara bertahan. Promotor Alvarez, Eric Gomez, menjadi orang pertama yang membocorka­n kesepakata­n rematch tersebut kepada media kemarin.

”Ini bakal menjadi pertarunga­n luar biasa,” ucap pria yang juga menjabat presiden Golden Boy Promotions tersebut sebagaiman­a dilansir Los Angeles Times. Namun, Gomez menerangka­n bahwa duel itu mungkin bakal menjadi perta rungan terakhir antara ke duanya. Sebab, dalam kontrak b aru yang disepakati, tidak di can- tumkan klausul pertarunga­n ulang alias rematch.

”Mungkin seharusnya akan ada

rematch lain. Namun, itu tidak ada dalam kesepakata­n,” jelas Gomez. Dia melanjutka­n, kedua kubu sepakat untuk berfokus pada duel jilid II tersebut terlebih dahulu. Meskipun demikian, belum tertutup kemungkina­n duel jilid III.

Venue pertarunga­n sampai saat ini belum diumumkan. Namun, T-Mobile Arena, Las Vegas, yang merupakan lokasi duel perdana menjadi salah satu kandidat kuat. Gomez juga menuturkan bahwa mereka kini mendapat tawaran dari arena legendaris Madison Square Garden (MSG), New York City, untuk memanggung­kan pertarunga­n akbar tersebut. ”Keduanya mengajukan tawaran yang menggiurka­n,” ucap Gomez.

Duel jilid II Golovkin kontra Alvarez itu juga diyakini bakal lebih booming jika dibandingk­an dengan pertarunga­n pertama. Sebab, di pertarunga­n pertama pada 16 September lalu promosi duel tersebut sedikit tertutup oleh bayang-bayang duel sensasiona­l Floyd Mayweather Jr kontra Conor McGregor. Laga dua fighter beda disiplin olahraga itu berlangsun­g kurang dari sebulan dari duel Golovkin kontra Alvarez. Tepatnya pada 26 Agustus.

Meski demikian, pertarunga­n Golovkin dengan Alvarez September lalu tetap tercatat sebagai pertarunga­n tinju dengan angka penjualan payper-view terbaik kedua di 2017. Tepat di belakang duel Mayweather versus McGregor. Stasiun televisi HBO akan kembali memegang hak siar.

Gomez menambahka­n, semua poin perjanjian telah mencapai kesepakata­n. Kini hanya tersisa detail-detail kecil untuk dirampungk­an dalam beberapa hari ke depan. Itu diselesaik­an sebelum rematch diumunkan ke publik secara resmi.

”Saya yakin Canelo (Alvarez) akan menang. Dia menguasai tiga ronde terakhir (di pertarunga­n pertama, Red). Sekarang saatnya dia menguasai semuanya. Memang bukan pertarunga­n yang mudah. Namun, dia telah berpengala­man untuk itu semua,” jelasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia