Jawa Pos

Kontrak Pembalap Jadi Tantangan

-

HAMAMATSU – Sejak Manajer Tim Repsol Honda Livio Suppo memutuskan pensiun November tahun lalu, banyak pertanyaan yang mencuat tentang sosok penggantin­ya. Kemarin, pabrikan Jepang itu mengumumka­n Alberto Puig sebagai suksesor Suppo.

Puig, 50, bukan sosok asing di tim Honda. Dia adalah mantan pembalap kelas 500 cc (sekarang MotoGP). Dia aktif membalap pada pertengaha­n 1990-an. Puig merengkuh satu-satunya kemenangan di MotoGP Jerez pada 1995. Setelah pensiun membalap pada 1997, pria Spanyol tersebut berfokus menangani program pengembang­an pembalap muda. Saat ini, selain menangani ajang Asia Talent Cup (ATC), Puig sedang memulai pencarian bakat di Eropa melalui British Talent Cup (BTC).

Puig juga dikenal sebagai manajer sejumlah pembalap top dunia. Dia pernah menaungi Casey Stoner, Toni Elias, dan yang masih aktif hingga saat ini, yakni Dani Pedrosa. ”Suatu kehormatan besar menerima kepercayaa­n berada pada posisi ini (manajer, Red) di sebuah tim paling sukses di MotoGP. Saya hanya akan berfokus memberikan yang terbaik untuk membantu mereka mencapai target,” ucapnya sebagaiman­a dilansir Motorsport.

Puig percaya, pada musim 2018 Repsol Honda akan kembali lebih kuat dan siap. Tentunya dengan dua pembalap tangguh yang dia percaya sebagai duet terbaik saat ini.

Sebagai manajer, salah satu tugas berat yang langsung menghadang Puig di musim debutnya pada 2018 adalah kontrak dua pembalapny­a. Seperti diketahui, kontrak Marc Marquez dan Dani Pedrosa bakal berakhir akhir tahun ini. Di saat yang sama, ada sepuluh pembalap tim pabrikan lain yang kontraknya juga habis. Rayuan dari tim lain kepada dua rider Repsol Honda merupakan tantangan bagi Puig.

Selain itu, sebagai pengganti Suppo, Puig akan berada di bawah bayang-bayang pendahulun­ya tersebut. Suppo ikut menyumbang­kan lima gelar juara dunia bersama Honda.

 ?? MOTOR SPORT ?? MENANTANG: Alberto Puig ditunjuk sebagai manajer baru tim Repsol Honda. Dia menggantik­an Livio Suppo yang pensiun November tahun lalu.
MOTOR SPORT MENANTANG: Alberto Puig ditunjuk sebagai manajer baru tim Repsol Honda. Dia menggantik­an Livio Suppo yang pensiun November tahun lalu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia