Jawa Pos

Ayah Pembunuh Anak Masuk RSJ Menur

-

SURABAYA – Polsek Tambaksari menghentik­an penyidikan kasus pembunuhan Gio Rosid Mawardi, 16 bulan. Pelaku yang juga ayah kandung korban, Panji Adi Saputro, 33, dinyatakan menderita psikosis. ’’ Dengan ini, penyidikan kami hentikan,’’ ujar Kapolsek Tambaksari Kompol Prayitno kemarin (12/1).

Sebenarnya, pernyataan Panji mengidap psikosis akut sudah dikeluarka­n Polrestabe­s Surabaya pada Rabu (10/11), sehari setelah kejadian. Namun, masih dibutuhkan observasi dan rujukan dari dokter

Sekitar pukul 13.00 Panji dijemput dari RS Bhayangkar­a Surabaya, Gayungan, kemudian ditempatka­n di Polsek Tambaksari. Selanjutny­a, anggota Polsek Tambaksari berdiskusi dengan Camat Tambaksari Ridwan Mubarun dan Lurah Ploso Bambang Ponco Mulyanto untuk menentukan langkah buat Panji. ’’ Ini surat keterangan dari dokternya masih proses. Jadi, surat penghentia­n penyidikan belum bisa dikeluarka­n,’’ tutur Prayitno.

Dari hasil perundinga­n itu diputuskan bahwa Panji dirawat di Rumah Sakit Jiwa Menur. Keluarga pria yang tinggal di Jalan Ploso Timur VI A itu pun diminta mengurus berbagai surat. Termasuk rujukan dari puskesmas. Kemarin sang istri Sri Wahyuni Kumolowati datang menemani.

Di ruang penyidikan itu, Wati – sapaan akrabnya– diberi penjelasan tentang kondisi Panji dan rencana untuk membawanya ke rumah sakit jiwa. ’’ Nanti kalau dibawa ke rumah sakit biayanya seperti apa ya?’’ ucapnya.

Dia merasa tidak mampu mengeluark­an biaya pengobatan untuk Panji. W ati pun disarankan untuk memanfaatk­an surat rujukan puskesmas dan jamkesmas, termasuk kartu BPJS. Selain mengkhawat­irkan biaya, hal lain yang menjadi beban pikiran perempuan 27 tahun itu adalah jika Panji ditebus keluargany­a. Wati takut Panji bebas sehingga bisa pulang ke rumah. Dia merasa masih trauma kehilangan putra semata wayangnya tersebut.

Pihak kepolisian meyakinkan bahwa hal itu tidak akan terjadi. Saat ini Wati adalah wali yang bertanggun­g jawab atas Panji. Hanya dia yang bisa mengeluark­an Panji dari rumah sakit sebelum waktunya. Pukul 15.30 Panji diantar ke RSJ Menur.

 ?? DWI WAHYUNINGS­IH/JAWA POS ?? SALING DIAM: Panji Adi Saputro diantar istrinya, Sri Wahyuni Kumolowati, menuju RSJ Menur dari Polsek Tambaksari kemarin (12/1).
DWI WAHYUNINGS­IH/JAWA POS SALING DIAM: Panji Adi Saputro diantar istrinya, Sri Wahyuni Kumolowati, menuju RSJ Menur dari Polsek Tambaksari kemarin (12/1).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia