Jawa Pos

Dua Jalan Tuntas Dicor

Kepadangan– Krembung dan Kebonagung– Kemasan

-

SIDOARJO – Dari lima jalan yang dicor, pengerjaan ruas jalan Bulang–Prambon diprediksi tuntas akhir tahun. Saat itu, progresnya mencapai 90 persen. Namun, hingga saat ini, jalan tersebut masih dikerjakan. ’’Progresnya 98 persen. Kami terkendala cuaca yang sering hujan,’’ kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sidoarjo Sigit Setyawan.

Gangguan lainnya datang dari pengguna jalan. Ketika pengerjaan, jalan harus ditutup total. ’’Meski sudah ditutup, banyak kendaraan yang lalu-lalang,’’ terangnya. Pada 100 meter akhir, lanjut Sigit, pekerja harus menggarap secara manual. Sebab, jalan itu berdekatan dengan rumah warga. ’’Karena itu, prediksiny­a meleset,’’ ucapnya.

Dua ruas jalan lainnya justru sudah rampung. Yakni, Kepadangan–Krembung dan Kebonagung–Kemasan. Dari pengamatan di lokasi kemarin (12/1), pengecoran ruas jalan Kepadangan–Krembung sepanjang 1.920 meter sudah selesai. Sejumlah pekerja terlihat menyapu kerikil yang berserakan. Jalur tersebut dapat dilewati kendaraan roda dua, tapi belum bisa dilewati roda empat. ’’Umur beton masih muda. Jadi, belum padat. Khawatir malah cepat rusak,’’ tutur Sigit.

Setelah pengecoran, pekerjaan berlanjut dengan pemasangan saluran air dan bahu jalan. Sigit mengatakan, pemasangan bahu jalan berjalan cepat. ’’ Tidak lebih dari satu minggu akan selesai,’’ ujarnya.

Jika dua ruas jalan sudah rampung, berbeda halnya dengan tiga jalur yang lain. Yakni, Porong– Krembung (800 meter), Bulang– Prambon (450 meter), dan Prambon–Gedangrowo (1.200 meter).

Mantan kepala dinas kebersihan dan pertamanan (DKP) itu menyatakan, tiga ruas tersebut hampir selesai. Untuk Porong– Krembung, persentase­nya mencapai 95 persen. ’’Kurang pengecoran dan pemasangan saluran air,’’ jelasnya.

Meski menyisakan tanggungan, laki-laki 56 tahun itu memastikan seluruh pekerjaan selesai akhir bulan ini. Dinas PUPR meminta rekanan melakukan pekerjaan 24 jam. Siang hingga malam, pihak pembangun harus menuntaska­n jalan tersebut. ’’Kalau tidak rampung, kami denda,’’ katanya.

Kabid Pemelihara­an Jalan Dinas PUPR M. Yunan Khoiron menuturkan, seluruh pekerjaan peningkata­n jalan nanti tidak menggunaka­n aspal. ’’Semuanya dicor,’’ ucapnya. Namun, pihaknya belum menentukan jalan mana yang akan dicor. ’’Masih kami data jalan-jalan mana yang perlu dicor,’’ imbuhnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia