Jawa Pos

Peresmian BLKI Tunggu Kementeria­n

-

SIDOARJO – Setelah lama menunggu tanpa kepastian, Balai Latihan Kerja Internasio­nal (BLKI) bakal dimanfaatk­an. Dinas tenaga kerja (disnaker) memastikan bangunan yang terletak di Desa Janti, Kecamatan Tulangan, tersebut segera beroperasi awal tahun ini.

Dari pengamatan di lapangan kemarin (12/1), pembanguna­n gedung BLKI itu sudah tuntas tahun lalu. Bangunan tersebut berdiri di atas lahan seluas 12 hektare. Ada lima gedung di dalam kawasan itu. Satu gedung utama dan empat ruang workshop. Yakni, ruang pelatihan industri, kelistrika­n, motor, serta muatan lokal.

Kepala Disnaker Sidoarjo M. Husni Thamrin menyatakan, pihaknya sudah berkomunik­asi dengan Kementeria­n Ketenagake­rjaan. Dalam waktu dekat, BLKI segera diresmikan. ”Tinggal menunggu tanggal pastinya dari kementeria­n saja,” jelasnya.

Nah, tahun ini Kementeria­n Ketenagake­rjaan berencana menambah satu lagi ruangan untuk pelatihan aneka industri. ”Pembanguna­n sudah berjalan. Dalam waktu dekat selesai,” papar Husni.

Pembanguna­n BLKI menjadi solusi menurunkan angka penganggur­an di Sidoarjo. Dari data disnaker tahun lalu, jumlah penganggur­an mencapai 52.675 orang. Besarnya 4,97 persen dari jumlah penduduk Sidoarjo.

Sekretaris Disnaker Sidoarjo Arif Makin menyebutka­n, setelah beroperasi, pemkab bakal menggelar MoU dengan kementeria­n. Tujuannya, meminta pemerintah memberikan alokasi lebih pada warga Sidoarjo yang ikut BLKI.

Dia menyatakan, BLKI bakal menampung 5 ribu orang. Peserta tidak hanya berasal dari Kota Delta. Warga kota lain juga bisa ikut pelatihan di BLKI.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia