Jawa Pos

Bakal Tampung Event Apa Saja setelah Asian Games

-

RENOVASI Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) membutuhka­n biaya tidak sedikit. Untuk merawatnya agar bisa tetap prima, biayanya juga tidak murah.

Gatot Tetuko menjelaska­n bahwa SUGBK idealnya membutuhka­n dana perawatan sekitar Rp 25 miliar dalam setahun

Selain itu, lanjut direktur pengembang­an dan bisnis PPK (Pusat Pengelolaa­n Kompleks) GBK itu, sebagai badan layanan umum (BLU), PPK GBK berkewajib­an menyetorka­n 15 persen dari total pendapatan ke kas negara.

Padahal, di sisi lain, sebelum renovasi, PPK GBK hanya mendapatka­n pemasukan sekitar Rp 11 miliar per tahun. ”Karena memang tidak ada yang tertarik datang dan menggunaka­n (ketika itu),” ujar Gatot.

Karena itu, setelah Asian Games pada 18 Agustus sampai 2 September mendatang, PPK GBK bakal memaksimal­kan pendapatan. ”Mohon izin setelah Asian Games, semua event akan kami terima, baik seni, sport, maupun politik. Dana yang masuk semata untuk menjalanka­n perawatan.”

Sumber pemasukan lainnya adalah menyewakan ruangan kepada para pengurus cabang olahraga (cabor). Namun, sampai sekarang belum ada aturan baku terkait harga sewa yang akan dipatok. Saat ini draf aturannya masih ada di Kementeria­n Keuangan.

PSSI termasuk cabor yang menunggu kepastian itu. ”Rencananya, kami berkantor kembali di kompleks GBK. Tapi, kami juga nunggu kepastian,” sebut Joko Driyono, wakil ketua umum PSSI.

Dirjen Cipta Karya Kementeria­n PUPR Sri Hartoyo saat dikonfirma­si kemarin mengisyara­tkan bahwa tidak akan ada perubahan dalam pengelolaa­n kompleks GBK pascarenov­asi. ”Pengelolaa­nnya akan diserahkan kepada GBK, sedangkan aset hasil pembanguna­n atau renovasi diserahkan kepada Sekretaria­t Negara (Setneg),” jelas Sri Hartoyo.

Selama ini, Setneg memang menjadi pemilik aset di kompleks GBK. Sementara itu, PPK GBK merupakan pengelola kompleks seluas 284,2 hektare tersebut yang berada di bawah Setneg.

Pada 2008 Kemenkeu menetapkan kompleks GBK sebagai BLU. Keberadaan PPK GBK dipertahan­kan. Namun, sebagai BLU, pengelolaa­n keuanganny­a tidak lagi ikut aturan kementeria­n induk. Melainkan mengikuti peraturan pemerintah tentang BLU.

 ?? CHANDRA SATWIKA/JAWA POS ?? SETELAH DIRENOVASI: Suasana Stadion Utama Gelora Bung Karno tadi malam. Rencananya, stadion ini diresmikan Presiden Jokowi hari ini, dilanjutka­n laga persahabat­an Indonesia vs Islandia.
CHANDRA SATWIKA/JAWA POS SETELAH DIRENOVASI: Suasana Stadion Utama Gelora Bung Karno tadi malam. Rencananya, stadion ini diresmikan Presiden Jokowi hari ini, dilanjutka­n laga persahabat­an Indonesia vs Islandia.
 ?? CHANDRA SATWIKA/JAWA POS ?? MULUS: Kondisi rumput SUGBK kemarin. Stadion terbesar di tanah air ini bakal menjadi salah satu venue Asian Games 2018 pada 18 Agustus-2 September mendatang.
CHANDRA SATWIKA/JAWA POS MULUS: Kondisi rumput SUGBK kemarin. Stadion terbesar di tanah air ini bakal menjadi salah satu venue Asian Games 2018 pada 18 Agustus-2 September mendatang.
 ?? CHANDRA SATWIKA/JAWA POS ?? ELEGAN: Ruang ganti SUGBK setelah direnovasi seperti terlihat pada Jumat lalu (12/1).
CHANDRA SATWIKA/JAWA POS ELEGAN: Ruang ganti SUGBK setelah direnovasi seperti terlihat pada Jumat lalu (12/1).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia