Jawa Pos

Minimal Menyulitka­n Lawan

-

JAKARTA – Timnas Indonesia akan kembali ke rumah besarnya, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Dua tahun terakhir skuad Garuda tidak tampil di venue kebanggaan tanah air tersebut. Malam ini Indonesia akan menghadapi Islandia di SUGBK (siaran langsung RCTI pukul 19.00 WIB).

Tentu malu rasanya jika peresmian kembali SUGBK menghadapi salah satu timnas peserta Piala Dunia 2018 itu harus diwarnai kekalahan besar lagi. Pada laga Kamis (11/1) di Stadion Maguwoharj­o, Sleman, Indonesia Selection yang diperkuat Bambang Pamungkas dkk dilumat enam gol tanpa balas.

Situasinya bakal berbeda malam ini. Komposisi tim yang diturunkan kali ini murni pilihan pelatih. Bukan pilihan penonton seperti tim Indonesia Selection. Pelatih Luis Milla Aspas juga akan kembali mendamping­i tim di tepi lapangan. Secara keseluruha­n, timnas Indonesia saat ini diperkuat sebagian besar pemain yang diproyeksi­kan tampil di Asian Games 2018. Para pemain itu, antara lain, Boaz Solossa, Fachrudin Aryanto, Victor Igbonefo, Andik Vermansah, dan Bayu Pradana. Kompilasi pemain juniorseni­or tentu diharapkan mampu memberikan warna tersendiri bagi Timnas Garuda. Apalagi, mereka bakal tampil di hadapan puluhan ribu fans Indonesia yang dipredikis­i memadati SUGBK malam ini. ’’Saat ini Islandia berada di level tertinggi,’’ sebut Milla dalam konferensi pers di Ruang Emerald, Hotel Fairmont, Jakarta, kemarin (13/1). Secara kualitas, pemain muda Indonesia bisa beradu sprint. Itu bakal menjadi salah satu opsi untuk meredam ketajaman lini depan Islandia yang cukup sukses dengan skema bola atas pada pertanding­an di Sleman. Timnas Indonesia mempunyai waktu tidak lebih dari seminggu untuk persiapan. Skema bola pendek juga akan diterapkan dalam pertanding­an kali ini. Lapangan SUGBK yang baru direnovasi tentu akan memuluskan rencana skema tersebut.

’’Dengan harmonisas­i di dalam tim yang sangat baik, kami akan memberikan perlawanan dan mempersuli­t Islandia,’’ beber pelatih asal Spanyol tersebut.

Olafur Ingi Skulason, kapten Islandia, tidak sabar kembali menghadapi tim Indonesia. Sebab, Skulason dan timnya merasa kesulitan dengan compact defense yang diterapkan Indonesia Selection sebelumnya. ’’Meski tubuh mereka tidak setinggi kami, mereka bermain solid dengan pola yang baik,’’ papar pemain 34 tahun itu.

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS GRAFIS: BOEDIONO/JAWA POS ?? PEMBUKTIAN: Bintang timnas Indonesia Andik Vermansah diharapkan bisa memberikan tekanan ke barisan pertahanan Islandia dalam laga uji coba di SUGBK nanti malam. Foto bawah, striker Islandia Albert Gudmundsso­n menjadi ancaman bagi gawang Andritany...
ANGGER BONDAN/JAWA POS GRAFIS: BOEDIONO/JAWA POS PEMBUKTIAN: Bintang timnas Indonesia Andik Vermansah diharapkan bisa memberikan tekanan ke barisan pertahanan Islandia dalam laga uji coba di SUGBK nanti malam. Foto bawah, striker Islandia Albert Gudmundsso­n menjadi ancaman bagi gawang Andritany...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia