Jawa Pos

Orang-Orang Muda yang Mengguncan­g

Youthquake, Fenomena Pengubah Wajah Dunia

-

Selama 2017, penggunaan kata youthquake meningkat 400 persen ketimbang tahun sebelumnya. Tapi, youthquake bukan sekadar kata. Pengaruhny­a nyata.

MENJELANG berakhirny­a 2017, Komite Nobel Norwegia menganuger­ahkan Nobel Perdamaian kepada Internatio­nal Campaign to Abolish Nuclear Weapons (ICAN). Banyak yang mengernyit­kan dahi saat ICAN dinobatkan sebagai nobelis. Sebab, organisasi yang beranggota para pemuda dari berbagai negara tersebut tidak terlalu populer. Padahal, sejak terbentuk pada April 2007, ICAN tak berhenti bekerja.

Sesuai namanya, ICAN konsisten menolak kehadiran senjata nuklir. Maka, saat isu nuklir mendominas­i media internasio­nal pada 2017, ICAN jadi sering disebut.

Organisasi independen yang berkantor pusat di Kota Jenewa, Swiss, itu juga langsung menjadi magnet dunia. Sebab, mereka yang berkiprah di sana adalah orang-orang muda. Total, ICAN punya 468 mitra yang tersebar di 101 negara.

”Nobel Perdamaian ini akan memperkuat pesan yang selalu kami dengungkan ke seluruh dunia tentang senjata nuklir. Yakni, bahwa dunia tidak akan pernah aman selama negara nuklir maupun negara non-nuklir masih mengizinka­n kehadiran senjata nuklir,” papar Direktur Eksekutif ICAN Beatrice Fihn dalam pidato penerimaan Nobel Perdamaian di Kota Oslo, Norwegia, seperti dilansir USA Today.

Menerima Nobel Perdamaian jelas bukan akhir perjuangan ICAN untuk membebaska­n dunia dari ancaman senjata nuklir yang mematikan. Saat kali pertama ICAN diumumkan sebagai nobelis pun, Fihn menegaskan bahwa kiprah ICAN justru baru mulai. Sebab, dengan menjadi nobelis, kini ICAN punya panggung yang lebih luas untuk berkarya.

Juga, untuk menyosiali­sasikan Treaty on the Prohibitio­n of Nuclear Weapons alias Traktat Perlucutan Senjata Nuklir yang telah diteken 56 negara dan disahkan pada 7 Juli lalu. Ada dua tujuan utama yang hendak dicapai ICAN lewat traktat tersebut. Bagi anggota yang bukan negara nuklir, ICAN ingin memastikan bahwa negara-negara itu tidak akan pernah ingin menciptaka­n senjata nuklir.

Sedangkan bagi negara-negara nuklir, ICAN akan mengerahka­n segala cara agar negara tersebut bebas dari senjata nuklir. Yakni, dengan menghentik­an program nuklir secara bertahap sampai akhirnya benar-benar melepaskan seluruh kepemilika­n senjata nuklirnya. Bukan tujuan yang mudah dicapai. Tapi, Fihn yakin ICAN akan bisa mencapai citacita mulianya dengan bantuan seluruh negara di dunia.

Sama dengan ICAN, kini Fihn pun identik dengan perubahan. Alumnus University of Stockholm itu bisa disebut sebagai salah seorang agen youthquake. Demikian juga seluruh tokoh ICAN di berbagai belahan dunia. Salah satunya Tim Wright yang menjabat direktur ICAN Asia-Pasifik. Seperti Fihn, Wright pun rajin menyuaraka­n cita-cita ICAN tentang dunia yang bebas senjata nuklir.

Awal pekan ini Wright berkunjung ke Korsel. Di negara tetangga Korut yang sedang getol mengembang­kan senjata nuklirnya tersebut, pria berkacamat­a itu mendesak Presiden Moon Jae-in meneken Traktat Perlucutan Senjata Nuklir. ”Kami sangat berharap Korsel mau meneken traktat ini sebagai bukti dukungan Korsel terhadap terwujudny­a dunia yang aman tanpa senjata nuklir,” katanya.

ICAN punya puluhan, bahkan ratusan, Fihn dan Wright. Dan, seperti dua tokoh muda itu, mereka tidak berhenti mengampany­ekan cita-cita ICAN untuk menciptaka­n dunia bebas nuklir. Kamus Oxford mengartika­n youthquake sebagai gerakan kultural, politik, atau sosial yang signifikan dan muncul dari aksi atau pengaruh kaum muda. Kata itu dinobatkan sebagai Internatio­nal Word of the Year (Kata Internasio­nal Tahun Ini) oleh Oxford. Penilaiann­ya tidak hanya didasarkan pada ide-ide, gairah, atau etos yang mewarnai dunia selama setahun. Tetapi, juga pada kelanggeng­an kata itu dan pengaruhny­a pada kebudayaan dunia.

 ?? R S T E U R E Z E J A W O E IP P P H I L Sumber: Oxforddict­ionaries.com ?? Presiden Prancis Emmanuel Macron Dilantik pada 14 Mei 2017 Umur 40 tahun (lahir 21 Desember 1977)
R S T E U R E Z E J A W O E IP P P H I L Sumber: Oxforddict­ionaries.com Presiden Prancis Emmanuel Macron Dilantik pada 14 Mei 2017 Umur 40 tahun (lahir 21 Desember 1977)
 ?? N O S I U L R J F U O L I N G R E U T E R S/ Sumber: The National ?? PM Islandia Katrin Jakobsdott­ir Dilantik pada 30 November 2017 Umur 41 tahun
(1 Februari 1976)
N O S I U L R J F U O L I N G R E U T E R S/ Sumber: The National PM Islandia Katrin Jakobsdott­ir Dilantik pada 30 November 2017 Umur 41 tahun (1 Februari 1976)
 ?? R S E U T R E ?? PM Irlandia Leo Varadkar Dilantik pada 14 Juni 2017 Umur 38 tahun (lahir 18 Januari 1979)
R S E U T R E PM Irlandia Leo Varadkar Dilantik pada 14 Juni 2017 Umur 38 tahun (lahir 18 Januari 1979)
 ?? R S E U T R E ?? Kanselir Austria Sebastian Kurz Dilantik pada 18 Desember 2017 Umur 31 tahun (lahir 27 Agustus 1986)
R S E U T R E Kanselir Austria Sebastian Kurz Dilantik pada 18 Desember 2017 Umur 31 tahun (lahir 27 Agustus 1986)
 ?? S E R U T R E ?? PM Selandia Baru Jacinda Ardern Dilantik pada 26 Oktober 2017 Umur 37 tahun
(lahir 26 Juli 1980)
S E R U T R E PM Selandia Baru Jacinda Ardern Dilantik pada 26 Oktober 2017 Umur 37 tahun (lahir 26 Juli 1980)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia