Jawa Pos

Aturan Servis Untungkan Pemain Indonesia

Regulasi Baru BWF

-

JAKARTA – Konsep regulasi baru bulu tangkis telah dirilis BWF (Federasi Bulu Tangkis Dunia). Salah satu yang digagas adalah perubahanp­enghitunga­nskor. Kalaubiasa­nya finisdiang­ka21,kinilagaak­anselesaid­iangka 11 dengan maksimal 5 kali game.

Rencananya, regulasi baru tentang skor itu diputuskan dalam Annual General Meeting (AGM) BWF di Bangkok Mei mendatang. Kabidbinpr­es PP PBSI Susy Susanti menilai, regulasi baru tersebut berlebihan. ’’Perubahan sistem skor itu cukup ekstrem. Akan mengubah semua aspek,’’ ujarnya.

Meski demikian, PP PBSI juga sudah siap dengan kemungkina­n apa pun. Termasuk bila aturan skor itu disahkan. Dalam beberapa program latihan, tim ganda putra kerap menerapkan aturan skor tersebut.

Kevin Sanjaya Sukamuljo, pemain ganda putra yang berpasanga­n dengan Marcus Fernaldi Gideon, justru menilai skor 11 itu efektif. ’’Apalagi kalau buat cari poin cepat. Bisa menguntung­kan juga,’’ ucapnya. Wajar, Marcus/Kevin punya ciri khas yang unik. Mereka bermain dengan drive cepat dan menukik. Sistem tersebut akan menguntung­kan mereka.

Terkait aturan baru tinggi bola saat servis maksimal 1,15 meter, Kevin juga merasa diuntungka­n. Terlebih, Kevin ataupun Marcus kerap melakukan lob servis tipuan yang membuat pemain lawan mati langkah.

Christian Hadinata, legenda bulu tangkis Indonesia, melihat ada plus dan minus soal aturan servis itu. ’’Bagi pemain yang secara postur gak tinggi, itu menguntung­kan. Sebaliknya, bagi pemain Eropa yang jangkung akan menyulitka­n,’’ urainya.

Aturan tersebut akan diterapkan pada All England Maret 2018. Masih ada waktu buat pemain dan tim pelatih pelatnas untuk beradaptas­i dengan aturan itu. BWF renc- ananya juga mengandalk­an alat elektronik berbasis inframerah untuk melihat ketinggian shuttlecoc­k saat servis. Salah satu aturan lain yang tidak kalah penting adalah perubahan format turnamen dan jumlah turnamen yang akan diikuti pemain. Khusus pemain tunggal di ranking 15 besar dunia dan top 10 pemain ganda, mereka wajib tampil di 12 turnamen yang digelarsep­anjangtahu­n. Minimaldal­amsebulanm­erekabisam­ain dalam satu turnamen.

 ?? GRAFIS: ANDREW/JAWA POS ??
GRAFIS: ANDREW/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia