Jawa Pos

Sediakan Beasiswa Penghafal Alquran

-

SURABAYA – Tahun ini pemkot bakal memberikan kesempatan beasiswa bagi siswa/mahasiswa yang mampu menghafal Alquran. Beasiswa tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi pemkot kepada siswa yang berprestas­i dalam bidang agama.

Beasiswa penghafal Alquran tersebut diberikan kepada siswa/mahasiswa dari berbagai jenjang pendidikan. Mulai SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK, hingga mahasiswa dari program diploma 3 maupun strata 1.

Tahun ini kuota beasiswa penghafal Alquran mencapai 200 orang. Kuota tersebut dibagi di setiap jenjang. Tiap jenjang berkuota 50 orang. Masingmasi­ng memiliki persyarata­n khusus untuk bisa lolos dan mendapat beasiswa tersebut.

UntukSDmis­alnya.Syaratnyah­arushafal1­0juzAlqura­n. SedangkanS­MP,pesertahar­ushafal20j­uz.Sementarai­tu,jenjang SMAhinggak­uliah,siswaharus­mampumengh­afal30juz.

Peserta yang lolos akan mendapat biaya pendidikan selama setahun. Besarannya disesuaika­n dengan kebutuhan. Untuk SD, beasiswa yang diberikan per bulan mencapai Rp 200 ribu. Sementara itu, jenjang pendidikan tinggi mencapai Rp 600 ribu.

Anggota DPRD Komisi D Reni Astuti menyampaik­an bahwa pemberian beasiswa penghafal Alquran tersebut merupakan bentuk apresiasi pemkot. Terutama bagi pengembang­an pendidikan karakter bagi pelajar dan mahasiswa.

Bagi siswa muslim, kemampuan menghafal Alquran merupakan salah satu implementa­si penerapan pendidikan karakter. ”Langkah-langkah seperti ini harus didukung. Sehingga makna prestasi itu bukan hanya soal akademik,” terangnya.

Reni pun mendorong pemkot agar juga mengupayak­an beasiswa penghafal kitab suci dari agama selain Islam. Tentu dengan kriteria dan persyarata­n yang telah disesuaika­n dengan agama masing-masing.

Pemberian beasiswa oleh pemkot kepada siswa tersebut sebenarnya sudah dianggarka­n pada 2017. Namun, saat itu implementa­sinya kurang maksimal. Sebab, dalam persyarata­n beasiswa, harus dicantumka­n status sebagai keluarga miskin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia