Jawa Pos

Didik Guru Menjadi Pembelajar Efektif

-

SIDOARJO – Para guru dituntut terus meningkatk­an kualitas. Sebab, mutu guru juga berpengaru­h terhadap kualitas anak didik. Nah, sebagai bagian untuk menggenjot mutu guru, sejak Rabu (10/1) sebanyak 54 guru mata pelajaran (mapel) mendapat pembekalan di SMPN 1 Taman.

Selama empat hari, mereka mengikuti pelatihan pembelajar­an aktif yang dilaksanak­an Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Pemkab Sidoarjo. Dalam pelatihan tersebut, juga terdapat praktik mengajar siswa secara langsung.

Menurut Estri Andajani, salah seorang fasilitato­r pelatihan, sejak Rabu hingga kemarin (13/1), puluhan guru itu telah menerima banyak pelatihan. Antara lain, tentang pembelajar­an kontekstua­l. Misalnya, bahan yang disampaika­n kepada anak didik disarankan berada dalam konteks yang dekat. Dengan demikian, ada gambaran yang lebih jelas. Ada pula pelatihan tentang pembelajar­an kooperatif seperti penerapan metode pembelajar­an jigsaw.

Peserta pelatihan juga diajak merumuskan pertanyaan yang mendorong siswa berpikir tingkat tinggi. ”Atau biasa disebut berpikir kritis,” jelas Estri. Misalnya, ketika membahas tentang jeruk, guru harus memancing siswa untuk menyampaik­an pertanyaan kritis seperti mengapa ada kulit jeruk yang kuning dan hijau.

Dalam penyampaia­nnya, ungkap dia, guru juga dilatih membuat suasana kelas jadi menyenangk­an. Pembawaan guru pun harus menyenangk­an. Setelah itu, guru peserta pelatihan disarankan meminta anak didiknya membuat jurnal reflektif. Guru juga harus membuatnya. Jurnal tersebut berisi gambaran siswa tentang pembelajar­an yang baru mereka dapat. ”Istilahnya curhatanny­a anak,” kata Estri.

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? UPGRADE KUALITAS: Puluhan guru mata pelajaran mengikuti pelatihan mengajar efektif di SMPN 1 Taman kemarin.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS UPGRADE KUALITAS: Puluhan guru mata pelajaran mengikuti pelatihan mengajar efektif di SMPN 1 Taman kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia