Jawa Pos

Cor 34 Jalan, Butuh Dana Rp 83 Miliar

-

SIDOARJO – Semua ruas jalan Kota Delta nanti dicor. Selain lima jalan yang sebagian masih diselesaik­an, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sidoarjo berencana mengecor 34 jalan lainnya. Untuk itu, sudah dianggarka­n dana Rp 83 miliar.

Kepala Dinas PUPR Sidoarjo Sigit Setyawan mengatakan, lokasi jalan yang dibeton tersebut tersebar di sejumlah kecamatan. Dinas PUPR sudah mendata akses mana saja yang perlu dicor. Misalnya, ruas Gedangan–Betro, Sedati. Setiap tahun pemkab harus mengeluark­an anggaran perbaikan jalan lantaran akses itu kerap rusak. ’’Jalan tersebut dilewati truk bertonase tinggi setiap hari sehingga cepat rusak,’’ paparnya.

Selain Gedangan–Betro, Jalan Brigjen Katamso di Waru masuk perencanaa­n. Jalur penghubung antara Wadungasri dan Waru itu merupakan akses kendaraan berat.

Untuk proyek jalan beton tahap kedua tersebut, pemkab mempriorit­askan jalan yang rusak. ’’Jalan di pedesaan belum menjadi prioritas pengerjaan tahun ini,’’ terangnya.

Pengecoran Jalan Brigjen Katamso dan ruas Gedangan–Betro diperkirak­an memakan waktu lama. Sebab, tak mungkin jalan ditutup total. ’’Jalan tersebut selalu padat. Kalau ditutup total, lalu lintas akan macet panjang,’’ paparnya. Kepala Dinas PUPR Sidoarjo

Bila dibandingk­an dengan tahun lalu, jumlah jalan yang dibeton tahun ini meningkat drastis. Pada 2017 hanya ada lima ruas, sedangkan tahun ini yang dibeton mencapai 34 ruas. Banyaknya jalan yang dibeton menjadi perhatian pemkab. Dari segi anggaran, dana yang disediakan juga bertambah besar. Tahun lalu pemkab mengalokas­ikan Rp 60 miliar. Tahun ini anggaranny­a naik menjadi Rp 83 miliar.

Sigit mengatakan, pemkab berupaya mengecor seluruh jalan di Sidoarjo. Memang, proyek itu tidak murah. Namun, jalan beton memiliki keunggulan jika dibandingk­an dengan jalan aspal. Yakni, dari sisi perawatan. ’’Jalan beton lebih awet. Bisa tahan 10 tahun,’’ jelasnya. ’’Dengan begitu, setiap tahun pemkab bisa menghemat APBD,’’ imbuhnya.

Jalan beton lebih awet. Bisa tahan 10 tahun.’’

SIGIT SETYAWAN

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia