Jawa Pos

Masuk Kolong Tempat Tidur, Bawa Stok Makanan

Ketika Penduduk Hawaii Terima Peringatan Serangan Misil

-

Kesalahan yang dilakukan seorang pegawai Badan Manajemen Kedarurata­n (EMA) Hawaii ini berakibat fatal. Memang sekadar salah pencet tombol. Tapi, yang dia pencet itu adalah tombol peringatan serangan misil balistik.

KENYATTA Hines sedang mencuci rambut ketika pesan masuk ke telepon genggamnya pada Sabtu (13/1). Dia bergegas keluar dari kamar mandi dan mengecekny­a. Sebuah pesan pendek yang semua hurufnya ditulis kapital sontak membuat jantungnya seakan melompat.

’’Ancaman Serangan Misil Balistik Menuju ke Hawaii. Segera Cari Perlindung­an. Ini Bukan Latihan.’’ Begitu bunyi pesan yang masuk sekitar pukul 08.07 waktu setempat itu.

Bukan hanya Hines yang menerima pesan pendek itu. Breaking news tentang serangan misil juga muncul di radio dan saluran televisi. Beberapa saluran televisi langsung menyiarkan langkah-langkah perlindung­an yang harus dilakukan.

’’Dengan situasi politik saat ini, kami benar-benar yakin bahwa peringatan itu asli,’’ ujar Kutub Mesiwala yang mengalami kepanikan serupa. Dia dan keluargany­a sedang menginap di lantai 36 Hotel Hyatt Regency Waikiki, Hawaii. Sebagian turis di beberapa hotel memilih berlindung di area basement. Sebagian lainnya di kolong tempat tidur. Mereka berlindung sambil membawa stok makanan apa pun yang bisa didapatkan.

Reuters mengungkap­kan bahwa para pemain golf profesiona­l yang ikut dalam Sony Open di Hawaii juga ketir-ketir. Salah seorang pemain, John Peterson, mencuit di akun Twitter-nya. Dia mengaku bersembuny­i di

bathtub bersama istri dan bayinya. ’’Tolonglah Tuhan, jangan biarkan ancaman bom ini menjadi kenyataan,’’ tulisnya.

Doanya terkabul. Pesan yang tersebar ke penduduk memang asli, tapi seranganny­a tidak. Pesan itu muncul gara-gara pegawai yang berjaga di Badan Manajemen Kedarurata­n (EMA) Hawaii salah memencet tombol. Gubernur Hawaii David Ige langsung meminta maaf. Dia menjelaska­n, setiap pergantian waktu jaga, petugas memang harus mengecek semua alat untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik.

’’Itu kesalahan yang tidak disengaja,’’ ujar administra­tor EMA Vern Miyagi sebagaiman­a dilansir BBC. Mereka kini menyelidik­i bagaimana kesalahan tersebut bisa sampai terjadi.

Panasnya hubungan AS dan Korea Utara (Korut) belakangan ini memang membuat penduduk Hawaii ketir-ketir. Sebab, Pyongyang berkali-kali mengancam akan menembakka­n misilnya ke Washington. Korut memiliki misil balistik interkonti­nental yang bisa menjangkau Hawaii. Jika Korut merealisas­ikan ancamannya, penduduk Hawaii hanya punya waktu 20 menit untuk berlindung.

 ?? GEORGE F. LEE/THE STAR-ADVERTISER/AP ??
GEORGE F. LEE/THE STAR-ADVERTISER/AP
 ??  ?? MINTA MAAF: Gubernur Hawaii David Ige (kiri) dan Direktur EMA Hawaii Mayor Jenderal Joe Logan saat mengklarif­ikasi pesan serangan misil balistik di gedung pertahanan sipil, Sabtu (13/1).
MINTA MAAF: Gubernur Hawaii David Ige (kiri) dan Direktur EMA Hawaii Mayor Jenderal Joe Logan saat mengklarif­ikasi pesan serangan misil balistik di gedung pertahanan sipil, Sabtu (13/1).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia