Jawa Pos

Gelar Operasi Pasar hingga Maret

Harga Beras di Jatim Fluktuatif

-

SURABAYA – Fluktuasi harga beras saat ini tengah ditindakla­njuti. Pemprov Jatim mulai melakukan operasi pasar (OP) di seluruh kabupaten dan kota di wilayahnya.

OP bakal dilangsung­kan selama dua bulan. Penyebabny­a, stok beras di Jatim pada Maret diprediksi melonjak. Karena itu, pemprov masih pikir-pikir soal rencana impor beras yang tengah disiapkan pemerintah pusat.

”Sebenarnya OP sudah dimulai November 2017 dengan sistem di depan pasar. Namun, untuk saat ini dilakukan secara menyeluruh,” kata Kepala Disperinda­g Jatim M. Ardi Prasetyawa­n kemarin.

Dalam operasi kali ini, pemprov, menurut dia, menjual beras medium dengan harga maksimal Rp 9.350 per kilogram (kg). Khusus wilayah Surabaya, harga yang dipatok Rp 9 ribu per kg.

Dari pantauan disperinda­g, saat ini harga beras di pasar-pasar Jatim sudah mengalami penurunan. Misalnya jenis IR 64 yang saat ini harganya sudah berada di kisaran Rp 10.400 per kg.

”Jika dirata-rata, sudah ada penurunan sekitar Rp 100 per kilogram,” terang Ardi.

Dia menambahka­n, pemprov memprediks­i harga beras kembali stabil dalam waktu dekat. Sebab, sesuai rencana, program OP bakal digelar pemprov-Bulog hingga 31 Maret mendatang.

”Selain itu, stok beras di Jatim segera bertambah,” papar Ardi.

Untukbulan­ini, diperkirak­anproduksi­beras di Jatim mencapai 285 ribu hingga 290 ribu ton. Malah pada Maret mendatang produksi beras diproyeksi­kan tembus 1,7 juta ton.

Di sisi lain, rata-rata konsumsi beras di wilayah Jatim mencapai 297 ribu ton per bulan. ”Karena itu, stok beras cukup melimpah. Sebab, produksi melebihi kebutuhan,” imbuh Ardi.

Terkait dengan rencana pemerintah untuk mengimpor beras khusus, Ardi menyebut beras impor melalui Jatim sebatas transit. Sebab, Jatim juga harus mendistrib­usikan beras produknya ke luar.

”Supaya stabilitas harga beras di Jatim juga aman,” ujar Ardi.

Sejauh ini, harga beras di wilayah Jatim memang masih fluktuatif, terutama di pasarpasar tradisiona­l kabupaten dan kota. Ambil contoh di Gresik, harga beras jenis bengawan masih berada di kisaran Rp 12 ribu per kg. Padahal, pekan lalu harganya masih berada di level Rp 11.500. Begitu pula beras jenis IR 64 yang masih dijual sekitar Rp 9.500 per kg.

Rp 9.000

Harga beras medium per kilogram yang dijual di Surabaya

290 ribu ton

Produksi beras di Jatim hingga akhir Januari

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia