Jawa Pos

Genjot Produksi Vaksin Difteri

-

JAKARTA – Biofarma akan menambah kapasitas produksi vaksin difteri. Semula, kapasitas produksi hanya 15 juta vial per tahun dan kini menjadi 19,5 juta vial. Kemenkes yakin penambahan produksi vaksin akan cukup untuk memenuhi kebutuhan nasional.

Menkes Nila Moeloek menuturkan, vaksin difteri yang diproduksi Biofarma akan mencukupi kebutuhan outbreak response immunizati­on (ORI) dan imunisasi rutin. ”Cukup untuk penanggula­ngan KLB difteri. Sebanyak 19,5 juta vial pada 2018 tersedia untuk Indonesia,” tutur Menkes Sabtu malam (13/1).

Salah satu upaya yang digencarka­n dalam penanggula­ngan KLB difteri adalah melakukan ORI di daerah kasus. Tujuannya, meningkatk­an kekebalan masyarakat dengan menutup immunity gap. Dengan begitu, diharapkan mata rantai penularan terputus.

Menkes menyatakan, kualitas dan keamanan produk Biofarma telah diakui Badan Kesehatan Dunia (WHO). Selain itu, vaksin produksi Biofarma tidak hanya digunakan di Indonesia. Sudah 130 negara mengimpor vaksin tersebut. Bahkan, 57 negara di antaranya termasuk negara Islam. Salah satunya Arab Saudi. ”Jelas sekali membuat vaksin itu sangat tidak sembaranga­n,” ujarnya.

Dirut Biofarma Juliman menyatakan, kualitas dan keamanan semua vaksin yang diproduksi untuk program ORI, program imunisasi nasional, serta ekspor terjamin. ”Seluruhnya telah melewati serangkaia­n pengujian ketat untuk mendapatka­n release (izin edar, Red) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Bahkan, untuk dapat mengekspor vaksin, produk Biofarma harus diaudit WHO,” sahut Juliman.

Juliman menambahka­n, Biofarma berkomitme­n mempriorit­askan pemenuhan kebutuhan dalam negeri. Dengan begitu, permintaan ekspor telah dinegosias­ikan untuk dijadwal ulang setelah kebutuhan dalam negeri terpenuhi. Pengalihan pasokan ekspor hanya diperuntuk­kan vaksin yang mengandung difteri.

 ?? DONI KURNIAWAN/BANTEN RAYA/JPG ?? TAMBAH STOK: Kardus berisi vaksin difteri di Instalasi Farmasi Dinkes Provinsi Banten, Kota Serang.
DONI KURNIAWAN/BANTEN RAYA/JPG TAMBAH STOK: Kardus berisi vaksin difteri di Instalasi Farmasi Dinkes Provinsi Banten, Kota Serang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia