Jawa Pos

Siapkan Empat Titik Parkir

GBT Sambut Piala Presiden

-

SURABAYA – Pemkot memastikan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) siap digunakan dalam laga pertama Grup C Piala Presiden pada 18 Januari. Kesiapan tersebut terlihat dari lahan parkir yang sebelumnya menjadi kendala utama selama pertanding­an dihelat di GBT.

Wakil Wali Kota Whisnu Sakti Buana yang juga ketua panitia pelaksana (panpel) Grup C Piala Presiden menyampaik­an kesiapan tersebut saat berkunjung ke GBT kemarin (14/1). Hadir bersama DPRD, dinas pemuda dan olahraga (dispora), serta dinas perhubunga­n (dishub), Whisnu menuturkan bahwa seluruh persiapan saat ini dikebut.

Salah satunya, mempercepa­t pengurukan tanah untuk lahan parkir. Kemarin dua alat berat mulai dijalankan untuk meratakan tanah di selatan stadion yang rencanakan digunakan untuk parkir

Alat berat itu terlihat sudah merobohkan kantor bekas kontraktor yang sebelumnya dianggap mengurangi ruang parkir.

Ada empat titik yang dipersiapk­an untuk arena parkir. Di antaranya, sepeda motor akan ditempatka­n di jalur masuk sirkuit, depan masjid di dalam area GBT, serta depan gate 17-18. Adapun roda 4 akan diarahkan di depan gelanggang. ’’Nanti kita tambah alat berat untuk mempercepa­t pengurukan lahan,’’ jelasnya. Pengurukan tersebut dipastikan selesai dalam waktu tiga hari mendatang.

Setelah itu, Whisnu memastikan empat titik lahan parkir di area GBT bisa menampung 11 ribu kendaraan. Jumlah tersebut termasuk 250 parkir mobil. Dengan kapasitas GBT yang mencapai 55 ribu penonton, lahan parkir yang tersedia seharusnya mampu menampung sekitar 28 ribu kendaraan. ’’Nah, kekurangan inilah yang nanti ditampung lahan parkir di luar stadion,’’ jelasnya.

Untuk parkir mobil, panitia akan menyiapkan tempat parkir di sepanjang jalan pintu masuk ke arah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo.

Parkir di luar stadion akan dijaga gabungan petugas dari dishub, satpol PP, dan linmas. Penjagaan tersebut diberlakuk­an untuk mengatur kepadatan suporter. ’’Di pintu masuk nanti panitia menyiapkan pengeras suara untuk memberikan imbauan kepada suporter,’’ jelasnya.

Imbauan itu bakal disampaika­n untuk mengatur alur masuk ketika ribuan penonton mulai memasuki stadion. Pada Piala Presiden, suporter yang bertiket dan tidak diskrining ke arah pintu masuk stadion. Tujuannya, penumpukan kendaraan di jalur utama bisa teratasi. Pemeriksaa­n tiket untuk kendaraan yang akan parkir dilangsung­kan sekitar 300 meter setelah gerbang utama. Pemeriksaa­n di lokasi itu turut menentukan pengendara boleh parkir di area GBT atau terpaksa di luar.

Pengamanan di area stadion juga bakal diperketat. Salah satunya, di area tambak yang biasanya digunakan suporter tanpa tiket untuk menerabas masuk ke stadion.

 ?? GHOFUUR EKA/ JAWA POS ?? CEK LANGSUNG: Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana (kanan) bersama Ketua DPRD Surabaya Armuji (dua dari kanan) meninjau progres persiapan Stadion GBT, khususnya lahan parkir, untuk perhelatan Piala Presiden kemarin (14/1).
GHOFUUR EKA/ JAWA POS CEK LANGSUNG: Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana (kanan) bersama Ketua DPRD Surabaya Armuji (dua dari kanan) meninjau progres persiapan Stadion GBT, khususnya lahan parkir, untuk perhelatan Piala Presiden kemarin (14/1).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia