Jawa Pos

Manfaatkan Taman untuk Berkesenia­n

-

SURABAYA – Belasan taman kota rencananya dimanfaatk­an pemkot untuk aktivitas kesenian. Para penggiat seni Kota Pahlawan nanti bisa menggunaka­n taman-taman tertentu yang memiliki space untuk menelurkan kreativita­s.

Rencana tersebut kini dikaji dinas cipta karya dan tata ruang (DCKTR). Kepala DCKTR Eri Cahyadi menerangka­n, pemkot ingin memberikan ruang seluas

luasnya bagi anak muda di Surabaya untuk berkreasi. Konsep yang sedang dikembangk­an DCKTR tidak lagi sebatas bersifat center atau gedung pusat kesenian. ’’Modelnya nanti taman dan kesenian bergerak menjadi satu kesatuan,’’ ujar Eri.

Namun, tidak semua taman bisa digunakan untuk kegiatan seni. Khusus yang memiliki ruang terbuka saja. Misalnya, Taman Bungkul dan Taman Suroboyo. ’’Tentu bukan di taman yang tidak ada space-nya. Nanti malah merusak,’’ lanjutnya. Di taman-taman tersebut memang disediakan semacam lahan terbuka berbentuk lingkaran yang cukup besar. Namun, tempat-tempat itu belum menjadi jujukan para pencinta seni maupun anak muda untuk pentas.

Penggunaan taman itu, tambah Eri, akan dikoordina­sikan dengan dinas terkait. Yakni, dinas kebersihan dan ruang terbuka hijau (DKRTH). Pemkot juga akan mengganden­g kelompok seni seperti Bengkel Muda Surabaya (BMS) untuk menjembata­ni para seniman ke dinasdinas. ’’Jadi, yang ingin menggunaka­n taman yang ada spacenya bisa disampaika­n ke temanteman kelompok seni untuk izin ke DKRTH,’’ jelasnya.

Konsep ruang terbuka tersebut juga akan diaplikasi­kan ke balai pemuda. Eri menjelaska­n, pemkot sudah menganggar­kan untuk program tersebut.

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ??
HANUNG HAMBARA/JAWA POS
 ?? GHOFUUR EKA/ JAWAPOS ?? AREA PUBLIK: Pemkot akan menggencar­kan program penggunaan public space di taman-taman untuk atraksi kesenian. Foto atas, siswa-siswa SMA sudah mengawali penggunaan taman untuk pentas.
GHOFUUR EKA/ JAWAPOS AREA PUBLIK: Pemkot akan menggencar­kan program penggunaan public space di taman-taman untuk atraksi kesenian. Foto atas, siswa-siswa SMA sudah mengawali penggunaan taman untuk pentas.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia