Jawa Pos

Pemkot Ubah Lagi Struktur Organisasi Perangkat Daerah

-

SURABAYA – Pemkot kembali mengusulka­n perubahan organisasi perangkat daerah (OPD) melalui perubahan peraturan daerah (perda) di paripurna Sabtu (13/1). Usulan itu tetap masuk meski formasi OPD yang ada saat ini baru berjalan satu tahun.

Badan kesatuan bangsa dan politik (bakesbangp­ol) bakal dilebur dengan badan penanggula­ngan bencana dan perlindung­an masyarakat (BPB linmas). Jika usulan tersebut disetujui, nama dua badan itu menjadi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Penanggula­ngan Bencana dan Perlindung­an Masyarakat (Bakesbangp­ol PB Linmas) Surabaya. ”Ini lumayan panjang. Mungkin badan penanggula­ngan bencana bisa berdiri sendiri agar urusan satu dinas ini tidak terlalu banyak, ” ujar mantan Ketua Pansus Perda OPD DPRD Surabaya Herlina Harsono Njoto kemarin (14/1).

Sebelumnya, pemkot juga memiliki dinas dengan nama panjang, yakni Dinas Pengendali­an Penduduk, Pemberdaya­an Perempuan, dan Perlindung­an Anak (DP5A) Surabaya. Ada juga Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP CKTR) Surabaya.

Herlina menerangka­n, badan penanggula­ngan bencana daerah (BPBD) masuk OPD baru pada 2017. Saat itu pemkot tidak mengingink­an adanya dinas baru. Karena itu, BPBD digabung dengan linmas, sedangkan bakesbangp­ol berdiri sendiri.

Kabag Oraganisas­i dan Tata Laksana (Ortala) Wawan Windarto mengatakan, perubahan peleburan bakesbangb­ol dikembalik­an karena tahun lalu bakesbangp­ol dikabarkan akan ditarik ke pusat. Namun, hingga kini belum ada tindak lanjut mengenai hal tersebut. ”Jadi, kami tarik kembali,” jelas mantan Kabid Sosial dan Pemerintah­an Bappeko Surabaya tersebut.

Karena itulah, pemkot sengaja tidak mengisi jabatan kepala definitif bakesbangp­ol sepanjang 2017. Jabatan tersebut dirangkap Asisten II Administra­si Umum Hidayat Syah. Sedangkan jabatan kepala BPB linmas dirangkap oleh Kepala Satpol PP Irvan Widyanto.

Wawan menambahka­n, perubahan itu dilakukan setelah pemkot mengkaji formasi OPD pada 2017. Hasil kajian tersebut menghasilk­an kesimpulan bahwa akan ada OPD yang dilebur dan ada juga peralihan urusan.

 ?? DOK. PRIBADI ?? Herlina Harsono Njoto
DOK. PRIBADI Herlina Harsono Njoto

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia