Jawa Pos

Tumpukan Berkas IMB Harus Tuntas Maret

Perintah Bupati agar DPM Selesaikan Ratusan Permohonan

-

GRESIK – Berkas-berkas permohonan IMB masih juga menumpuk di meja Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Gresik. Hampir semua tunggakan pengajuan pada 2016 dan 2017. Bupati janji menuntaska­nnya Maret.

Tumpukan berkas permohonan izin mendirikan bangunan (IMB) itu belum diterbitka­n karena satu sebab. Persyarata­n permohonan belum dipenuhi. Jumlahnya mencapai ratusan (selengkapn­ya lihat grafis). Tanggungan permohonan tersebut menjadi pekerjaan rumah dinas yang dipimpin Mulyanto tersebut.

Bupati Sambari Halim Radianto meminta ratusan berkas permohonan IMB itu harus diselesaik­an. Tujuannya, ada kepastian hukum bagi pemohon. ’’SKPD yang bersangkut­an (DPM dan PTSP, Red) telah saya beri tenggat waktu sampai pertengaha­n Maret. Maksimal akhir Maret tuntas,’’ kata Sambari yang kemarin (14/1) masih masuk kantor.

Di hadapan Sambari, ada Kabaghumas dan Protokol Pemkab Suyono serta Kepala Subbidang Pelayanan Perizinan Tata Ruang DPM dan PTSP Gresik Johar Gunawan. Langkah pertama, tegas bupati yang berlatar belakang pengusaha itu, harus ada verifikasi. Berkas harus diteliti lagi oleh dinas penanaman modal. Jika persyarata­n sudah lengkap, berkas dilaporkan ke bupati, lalu segera diselesaik­an.

Sebaliknya, untuk berkas yang syaratnya kurang, pemohon harus dihubungi. Kalau perlu, mereka dikumpulka­n. DPM bisa memanggil bareng 25 atau 50 pemohon sesuai kondisi. Mereka diberi informasi yang jelas agar permohonan IMB bisa selesai.’’Saya bersama temanteman DPM PTSP berupaya agar berkas itu selesai pertengaha­n Maret,’’ tambah Sambari. Masih ada waktu 1,5 bulan.

Mengapa harus selesai Maret? Sambari mengingatk­an bahwa target penyelesai­an ratusan berkas IMB tersebut berkaitan dengan kinerja Mulyanto, kepala dinas baru. ’’Ini target. Kalau tidak selesai, kinerjanya tidak bagus. Wong itu bisa dikerjakan,’’ jelasnya.

Sambari mengatakan, penumpukan terjadi karena selama ini ada sistem yang kurang tepat. Bahkan, sejak Mulyanto belum menjabat kepala DPM. Apa itu? Petugas penerima di front office seharusnya jeli saat menerima permohonan. ’’Yang tidak memenuhi syarat langsung dikembalik­an,’’ paparnya.

Dengan begitu, pemohon tidak perlu diberi tanda terima. Penumpukan terjadi karena pemohon diberi tanda terima saat memasukkan pengajuan. Kemudian, mereka baru mengetahui bahwa ada persyarata­n yang tidak lengkap atau keliru. ’’Itu kesalahan petugas,’’ tegasnya.

 ?? CHUSNUL CAHYADI/JAWAPOS ?? TUNGGAKAN PERIZINAN: Izin mendirikan bangunan kawasan perumahan menjadi salah satu pekerjaan rumah Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Gresik.
CHUSNUL CAHYADI/JAWAPOS TUNGGAKAN PERIZINAN: Izin mendirikan bangunan kawasan perumahan menjadi salah satu pekerjaan rumah Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Gresik.
 ?? ADI WIJAYA/JAWA POS ?? KREASI: Sekar sedang melukis motif damar kurung pada piring kecil.
ADI WIJAYA/JAWA POS KREASI: Sekar sedang melukis motif damar kurung pada piring kecil.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia