Jawa Pos

Tekuni Panahan, Anak Lebih Fokus

-

SURABAYA – Olahraga panahan semakin mendapat tempat di masyarakat Indonesia. Sekolah pun berlomba untuk menyediaka­n ekstrakuri­kuler memanah. Salah satunya, SD Muhammadiy­ah 4 Pucang (Mudipat) yang menggelar lomba panahan tingkat nasional kemarin (14/1).

Sepuluh papan dengan tiga sasaran tembak tertempel di tengah lapangan Mudipat. Sementara itu, 30 anak berbaris rapi dengan jarak 5 meter dari sasaran tembak. Fokus. Pandangan tajam diarahkan ke sasaran tembak. Saat dirasa sudah pas, mereka melesatkan anak panah menembus kertas sasaran tembak. ’’Yah kurang pas,” ujar Caesar Failah Asyan saat mengikuti lomba Mudipat National Archery Competitio­n (MNAC) di lapangan Mudipat kemarin.

Siswa kelas IV dari SD Muhammadiy­ah 3 Tumpang, Malang, itu merupakan satu di antara 110 peserta MNAC. Lomba panahan tersebut merupakan rangkaian milad ke-55. MNAC diikuti 11 kabupaten/kota. Itu merupakan kompetisi panahan pertama yang diadakan Mudipat.

Ada tiga kategori yang dilombakan. Yakni, panahan paralon, standar, dan compound. Tiga kategori itu diikuti siswa minimal kelas III sekolah dasar. Kepala Sekolah Mudipat Edy Susanto menambahka­n, panahan sekarang menjadi olahraga yang digandrung­i masyarakat. Olahraga yang membutuhka­n kefokusan seseorang itu punya banyak manfaat. ’’Panahan kan termasuk olahraga sunah selain berenang dan berkuda,” katanya.

Amar Ahmad Rasyid, yang sudah setahun menekuni ekstrakuri­kuler memanah, mengatakan telah merasakan manfaatnya. Bocah 8 tahun itu lebih fokus dan tenang sejak mengikuti olahraga panahan. ’’Dulu aktif banget anaknya, sekarang lebih bisa fokus dia,” ujar orang tua Amar, Dermawan Agung.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? OLAHRAGA SUNAH: Rayya Alexandra Panjaitan, siswi SD Muhammadiy­ah 3 Ikrom, Wage, Sidoarjo, melihat skor yang dihitung panitia Mudipat National Archery Competitio­n di SD Muhammadiy­ah 4 Pucang, kemarin. Event ini merupakan rangkaian Milad Ke-55 SD...
DIPTA WAHYU/JAWA POS OLAHRAGA SUNAH: Rayya Alexandra Panjaitan, siswi SD Muhammadiy­ah 3 Ikrom, Wage, Sidoarjo, melihat skor yang dihitung panitia Mudipat National Archery Competitio­n di SD Muhammadiy­ah 4 Pucang, kemarin. Event ini merupakan rangkaian Milad Ke-55 SD...
 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? KONSENTRAS­I: Siswa SD Muhammadiy­ah 4 Pucang Amar Ahmad Rasyid (tiga dari kanan) bersiap melepaskan anak panah kemarin.
DIPTA WAHYU/JAWA POS KONSENTRAS­I: Siswa SD Muhammadiy­ah 4 Pucang Amar Ahmad Rasyid (tiga dari kanan) bersiap melepaskan anak panah kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia