Jawa Pos

Bedah Jurusan untuk Tentukan Pilihan

Persiapan Siswa Hadapi SNM PTN 2018

-

SURABAYA – Pendaftara­n SNM PTN 2018 sudah dibuka Sabtu (13/1). Para siswa harus mulai menentukan jurusan yang akan dipilih. Tidak boleh lagi hanya sekadar ikut teman atau asal memilih. ”Tadinya saya memang sudah ingin masuk ke jurusan hukum. Tetapi, masih belum tahu habis itu mau ngapain,” ujar Nadifa Salsabila, siswi SMA Khadijah Surabaya.

Karena itu, dia datang di acara bedah jurusan di Danau Kampus C Unair kemarin (14/1) yang difasilita­si organisasi Hai Kampus. Kebetulan, jurusan yang dibahas adalah hukum dan farmasi.

Menurut founder Hai Kampus Istiqomah, kegiatan itu tidak hanya berisi berbagi pengalaman antara mahasiswa dan calon mahasiswa. Para pelajar diharapkan berani berpendapa­t. Banyak kasus, keinginan jurusan yang mereka pilih tidak sesuai dengan harapan orang tua. ”Siswa-siswi SMA ini bisa meyakinkan orang tua tentang jurusan yang memang mereka inginkan,” kata Istiqomah.

M. Dede Perkasa A., mahasiswa S-2 hukum Unair yang menjadi salah seorang narasumber menjelaska­n tentang apa yang akan dihadapi ketika sudah terjerumus ke dalam jurusan hukum. ”Menjadi mahasiswa hukum itu tidak selalu harus berakhir sebagai pengacara. Tetapi, yang penting itu harus paham, bukan sekadar hafalan,” ujarnya.

Selama menjadi mahasiswa, Dede menganjurk­an untuk aktif terlibat dalam forum diskusi hukum. Termasuk selalu update terkait perkembang­an hukum yang terbaru. Hasil penjelasan itu membuat Nadifa semakin yakin dengan jurusan hukum yang dipilihnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia