Jawa Pos

Siaran Langsung Ludruk lewat Instagram

-

SURABAYA – Peminat ludruk di Surabaya memang tidak seramai dulu. Tinggal orang-orang tertentu yang bersedia menonton dan melestarik­an salah satu kebudayaan asal Jatim tersebut. Karena itu, organisasi Ludruk Irama Budaya Sinar Nusantara melakukan beberapa kiat untuk mempertaha­nkan kesenian tradisiona­l.

Salah satunya, penampilan Sabtu malam (13/1) di THR di Jalan Kusuma Bangsa. Mereka menampilka­n lakon bertajuk Dalbo. ’’Ini kolaborasi dari para pemain ludruk senior dan junior. Diharapkan, eksistensi ludruk ini dapat diteruskan secara estafet,’’ ujar Meimura, sang sutradara.

Selain itu, Ludruk Irama Budaya Sinar Nusantara menyiarkan pertunjuka­n secara langsung melalui media sosial. Yakni, Instagram Story. Tujuannya, lebih banyak orang yang bisa menonton dan mengapresi­asi kesenian yang mulai terpinggir­kan tersebut. Khususnya anak muda.

’’Jangka panjangnya ya ingin bisa sejahtera. Tapi, biar bagaimanap­un, kami tetap senang dan bangga karena bisa menjadi bagian dari pelestari budaya ini,” kata Hengky Kusuma yang memerankan Dalbo.

Seperti ludruk pada umumnya, pertunjuka­n malam itu dibuka dengan tarian remo oleh penari lelaki yang memakai baju perempuan. Kemudian, acara dilanjutka­n dengan bedayan dan lawak. Sekitar pukul 21.00, cerita Dalbo mulai dimainkan.

Pertunjuka­n tersebut mengisahka­n sosok Dalbo yang memiliki kehidupan sulit. Di rumahnya di tengah hutan, dia hanya tinggal bersama sang emak yang buta. Penagih utang pun datang silih berganti.

Salah seorang penagih utang yang menarik perhatian penonton adalah perempuan yang berpakaian begitu seksi. Dalbo pun ingin berkenalan dan menanyakan namanya. Bukannya menjawab, penagih utang itu justru kembali bertanya ingin namanya kalau pagi atau malam. ’’Jenengku nek sore Yanti. Nek bengi Silvi. Nek awan Kamto,” ucapnya.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? SENI TRADISIONA­L: Sejumlah pemain menari bedayan sebelum cerita Dalbo dimainkan kelompok Ludruk Irama Budaya Sinar Nusantara di THR di Jalan Kusuma Bangsa Sabtu malam (13/1).
DIPTA WAHYU/JAWA POS SENI TRADISIONA­L: Sejumlah pemain menari bedayan sebelum cerita Dalbo dimainkan kelompok Ludruk Irama Budaya Sinar Nusantara di THR di Jalan Kusuma Bangsa Sabtu malam (13/1).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia