Jawa Pos

Hindari Razia, Tertabrak Mobil

Hanya karena Tak Punya SIM

-

SURABAYA – Irwan Aji Pamungkas takut ditilang. Dia berusaha menghindar­i razia polisi dengan berputar balik. Nahas, upaya penyelamat­annya malah berbuah celaka. Pria kelahiran Ponorogo itu terpental karena ditabrak mobil.

Kecelakaan tersebut terjadi di Jalan Gemblongan pada Minggu dini hari (14/1). Aparat gabungan menggelar razia multi sasaran. Sekitar pukul 00.30, Irwan yang mengendara­i motor Yamaha Vixion bernopol AE 2539 WG melintasi Jalan Gemblongan.

Dia berkendara beriringir­ingan dengan temannya, Reza, yang mengendara­i Vario putih. Tiba-tiba dia memperlamb­at lajunya karena kaget melihat ada razia besar di ujung Jalan Gemblongan.

Reza mengusulka­n segera berputar balik. ”Ayo muter ae (ayo berputar saja, Red),” teriaknya. Irwan langsung menurut. Dari lajur kiri, dia langsung membelokka­n setang ke kanan untuk berputar balik. Melihat hal itu, enam polisi tak berpakaian dinas yang berjaga tak jauh dari lokasi kejadian sudah meneriakin­ya.

Mereka memperinga­tkan bahaya dari belakang yang tak dilihat Irwan. ”Hoi awas!” teriak Kanit Jatanras Satreskrim Polrestabe­s Surabaya AKP Agung Widoyoko.

Teriakan itu tak dihiraukan. Irwan tetap ngeyel. Dia menerobos lajur dari sisi kiri langsung ke sisi kanan. Pada waktu bersamaan, dari utara muncul mobil Daihatsu Xenia putih bernopol W 731 RZ yang dikendarai Aldyansyah. Kecelakaan tidak bisa terhindark­an.

Bumper kiri mobil Aldyansyah menabrak bagian kanan motor. Irwan terjungkal mencium aspal. Motornya terpental hingga beberapa meter. Ada percikan api saat motornya bergesekan dengan aspal.

Irwan juga terseret sejauh 3 meter. Suasana mendadak hening saat melihat tubuh Irwan tak bergerak sama sekali. ”Aduh, mati iki,” gumam Agung.

Seorang petugas mendekati tubuh Irwan dan membuka helmnya. ”Loalah, untung koen yo gak mati (untung kamu tidak mati, Red),” ujarnya. Dia terlihat shock.

Sementara itu, bumper mobil ringsek. Pintu depan sebelah kiri tak bisa dibuka. Untung, Irwan dan Reza tidak cedera apa pun. Dia langsung diperiksa. Mereka ditilang lantaran tak punya SIM.

Polisi juga mengharusk­an Irwan memperbaik­i kerusakan mobil Aldyansyah. ”Kamu jelas yang salah,” ucap Kanitlanta­s Polsek Bubutan AKP I Gede Antara yang hadir dalam razia itu.

Selain Irwan, ada 71 pengendara lain yang kena tilang lantaran tak punya kelengkapa­n surat. Razia Polrestabe­s Surabaya di Jalan Gemblongan itu juga menyita lima motor bodong.

Selama sejam, polisi berhasil memeriksa 238 kendaraan dengan bantuan 70 personel gabungan.

 ?? MIRZA AHMAD/JAWA POS ??
MIRZA AHMAD/JAWA POS
 ?? MIRZA AHMAD/JAWA POS ?? MBELING: AKP I Gede Antara menilang Irwan lantaran tak punya SIM. Foto kanan, Irwan ditolong petugas setelah ditabrak mobil saat menghindar­i razia polisi.
MIRZA AHMAD/JAWA POS MBELING: AKP I Gede Antara menilang Irwan lantaran tak punya SIM. Foto kanan, Irwan ditolong petugas setelah ditabrak mobil saat menghindar­i razia polisi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia