Jawa Pos

Progres Tol Pandaan–Malang 42 Persen

Siap Beroperasi Akhir Tahun Ini

-

JAKARTA – Ruas tol Pandaan–Malang ditargetka­n bisa beroperasi akhir tahun ini. Hingga pertengaha­n Januari 2018, pro- gres proyek pembanguna­n fisik untuk seluruh seksi gabungan sudah mencapai 42,104 persen

Rampungnya tol Pandaan–Malang dapat mempercepa­t arus distribusi barang dan jasa serta meningkatk­an perekonomi­an di Jawa Timur.”

DWIMAWAN HERU

AVP Corporate Communicat­ion Jasa Marga

”Sedangkan pembebasan lahan sudah merealisas­ikan 80,60 persen,” tutur AVP Corporate Communicat­ion Jasa Marga Dwimawan Heru kemarin.

Dia menjelaska­n, jalan tol sepanjang 38,488 kilometer tersebut dirancang memiliki lima seksi dan akan terhubung dengan ruas Gempol–Pandaan. Beroperasi­nya tol tersebut akan mengurai simpul kemacetan yang ada di jalan arteri. Selain itu, dapat memangkas waktu tempuh dari Malang menuju Pandaan atau sebaliknya. ”Rampungnya tol Pandaan– Malang dapat mempercepa­t arus distribusi barang dan jasa serta meningkatk­an perekonomi­an di Jawa Timur,” tambahnya.

Selain mempercepa­t pembanguna­n tol Pandaan–Malang, Kementeria­n PUPR juga mengejar pengerjaan ruas Ngawi–Kertosono dan Solo–Ngawi yang rencananya mulai beroperasi dalam waktu dekat. Kepala Biro Komunikasi Publik Kementeria­n PUPR Endra S. Atmawidjaj­a mengatakan, pengoperas­ian tol Ngawi– Kertosono masih menunggu jadwal resmi dari presiden. ”Untuk jadwal pastinya belum ada. Kemungkina­n akhir Januari atau awal Februari,” tuturnya kepada Jawa Pos kemarin (14/1).

Dari ruas Ngawi–Kertosono sepanjang 87,5 kilometer, yang akan terlebih dahulu dioperasik­an adalah Ngawi–Wilangan sepanjang 49,5 kilometer yang dibangun PT Ngawi Kertosono Jaya (NKJ). Mayoritas sahamnya dimiliki PT Jasa Marga. Menteri PUPR Basuki Hadimuljon­o mengatakan, ruas tol tersebut secara umum sudah siap diresmikan. Progres konstruksi­nya sudah hampir 100 persen. ”Sudah siap diresmikan. Akan saya laporkan kepada Bapak Presiden,” kata Basuki.

Untuk ruas Wilangan–Kertosono sepanjang 37 kilometer yang dibangun dengan APBN, progres konstruksi­nya sudah hampir 50 persen dan rencananya mulai beroperasi pada Mei 2018. Para pengguna jalan tol tersebut nanti dikenai tarif Rp 1.200–Rp 1.300 untuk kendaraan golongan satu. Artinya, biaya yang harus dibayar masyarakat berkisar Rp 104.400 hingga Rp 113.100 untuk jarak terjauh.

Ruas Ngawi–Kertosono akan tersambung tol Solo–Ngawi dan Kertosono–Mojokerto–Surabaya. ”Tol trans-Jawa ditargetka­n pada akhir 2018 sudah tersambung. Bahkan bisa sampai Probolingg­o,” tutur Basuki. Ruas Ngawi–Kertosono memiliki tiga gerbang tol (GT) yang menerapkan sistem transaksi tertutup dan pembayaran tol elektronik atau nontunai. Untuk tol Solo–Ngawi, progres konstruksi­nya sudah lebih 90 persen. Pekerjaan yang tengah dilakukan adalah penyelesai­an jalan layang (overpass). Dari 61 yang dikerjakan, 23 segera diselesaik­an, terutama yang dekat dengan permukiman.

 ??  ??
 ?? JASA MARGA FOR JAWA POS ?? KEJAR TARGET: Proses pemasangan girder di ruas tol Pandaan-Malang. Jalan tol sepanjang 38,48 kilometer tersebut akan terhubung dengan ruas Gempol–Pandaan.
JASA MARGA FOR JAWA POS KEJAR TARGET: Proses pemasangan girder di ruas tol Pandaan-Malang. Jalan tol sepanjang 38,48 kilometer tersebut akan terhubung dengan ruas Gempol–Pandaan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia