Jawa Pos

ZIDANE KERAS KEPALA

-

MADRID – Siulan panjang Madridista terdengar nyaring setelah kekalahan 0-1 Real Madrid oleh Villarreal di Santiago Bernabeu kemarin dini hari WIB (14/1). Sosok berkepala plontos yang tertunduk saat berjalan meninggalk­an bench Real yang menjadi sasarannya. Zinedine Zidane. Kesuksesan Zidane memenangi delapan trofi selama dua tahun menangani Real seolah dilupakan Madridista. Perpanjang­an kontrak hingga 2020 yang diteken Zidane tiga hari sebelum laga bahkan seperti sebuah kesalahan. Tidak berhenti sampai di situ. Pelatih 45 tahun itu juga diserang habis-habisan oleh media-media Spanyol. Kekalahan ketiga Real di Bernabeu musim ini atau catatan tidak pernah menang Los Merengues dalam tiga laga terakhir memang sulit untuk tidak menjadikan Zidane sebagai kambing hitam. Keras kepalanya Zizou adalah alasannya.

Zidane berkali-kali menyatakan bahwa Real tidak butuh galacticos baru pada bursa transfer Januari demi mendongkra­k timnya. Imbasnya, Zidane memainkan komposisi pemain yang itu-itu saja. Dari 24 penggawa Real saat ini, delapan di antaranya belum mencapai minute play 1.000 menit. Padahal, musim ini Real bermain di enam ajang.

Keras kepalanya Zidane makin terlihat saat dia tidak memanfaatk­an pergantian ketiga setelah Villarreal mencetak gol via Pablo Fornals (87’). Di sisi lain, Borja Mayoral maupun Dani Ceballos sudah melakukan pemanasan di pinggir lapangan. ’’Kami tidak pantas menerima ini (kekalahan oleh Villarreal). Kami bermain bagus malam ini (kemarin dini hari WIB, Red),’’ kata Zidane sebagaiman­a dilansir Marca.

Apa pun pembelaann­ya, Zizou dituntut segera mengembali­kan Marcelo dkk ke jalur kemenangan atau Joachim Loew dan Mauricio Pochettino bakal menggantik­annya musim depan. Laga berikutnya adalah melawan tuan rumah Leganes pada leg pertama perempat final Copa del Rey (19/1).

Di sisi lain, performa buruk Real berimbas pada antusiasme Madridista datang ke Bernabeu dalam dua laga terakhir. Saat ditahan Numancia 2-2 di leg kedua babak 16 besar Copa del Rey (11/1), jumlah penonton hanya 37 ribu dari kapasitas lebih dari 80 ribu penonton.

Bagaimana dengan laga melawan Villarreal kemarin? Jumlah penonton dalam laga kandang perdana Los Merengues tahun ini adalah 63.402 penonton.

 ?? JAVIER BARBANCHO/REUTERS ?? KEOK: Reaksi Cristiano Ronaldo setelah membuang peluang di Santiago Bernabeu kemarin dini hari WIB (14/1). Foto bawah, Zinedine Zidane tertunduk saat meninggalk­an bench Real di akhir laga.
JAVIER BARBANCHO/REUTERS KEOK: Reaksi Cristiano Ronaldo setelah membuang peluang di Santiago Bernabeu kemarin dini hari WIB (14/1). Foto bawah, Zinedine Zidane tertunduk saat meninggalk­an bench Real di akhir laga.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia