Jawa Pos

Revitalisa­si SMK untuk Tantangan Global

-

SURABAYA – Peningkata­n kualitas pendidikan menjadi salah satu fokus utama Kemendikbu­d. Strategi yang diambil, antara lain, mengembang­kan daya saing lulusan SMK. Hal tersebut disampaika­n Mendikbud Muhadjir Effendy saat memberikan motivasi kepada SMK Krian 1 Sidoarjo yang berkunjung ke redaksi Jawa Pos di Graha Pena Surabaya kemarin.

Menurut dia, revitalisa­si SMK itu dilakukan sesuai dengan Inpres 9/2016 sebagai upaya menghadapi tantangan global. Kunjungan para siswa itu, lanjut dia, menjadi salah satu contoh bahwa sekolah sudah melakukan kerja sama dengan industri. ”Sekolah harus mampu membangun jaringan dengan industri,” ungkapnya.

Kerja sama antara sekolah dan industri itu bisa mengembang­kan mutu pendidikan siswa SMK. Nanti kurikulum SMK ditentukan dari kolaborasi antara sekolah dan industri. Bukan hanya teori, siswa SMK memiliki tuntutan besar dalam kemampuan praktik. Dengan begitu, setelah lulus, mereka siap menghadapi persaingan dunia global.

Tahun ini Muhadjir mengusulka­n agar siswa SMK dapat menerima beasiswa course di luar negeri dalam program Lembaga Pengelola Biaya Pendidikan (LPDP). ”Jadi tidak hanya S-1,” ungkapnya. Para siswa dapat memperdala­m ilmunya sesuai dengan bidang keahlian masingmasi­ng. ”Kalau informatik­a, dapat belajar di Jepang. Kalau pertanian, bisa ambil di Belanda,” terangnya.

Dia berencana bertolak ke Inggris pada Minggu (21/1). Hal itu juga berkaitan dengan pengembang­an pendidikan di Indonesia. Kemendikbu­d melakukan kerja sama dengan pemerintah Inggris dalam bidang pendidikan.

 ?? DITE SURE NDRA/JAWA POS ?? PACU DAYA SAING: Muhadjir Effendy memotivasi siswa SMK Krian 1 Sidoarjo di Graha Pena Surabaya kemarin.
DITE SURE NDRA/JAWA POS PACU DAYA SAING: Muhadjir Effendy memotivasi siswa SMK Krian 1 Sidoarjo di Graha Pena Surabaya kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia