Jawa Pos

Setingkat di Atas LCGC

-

JAKARTA – PT Nissan Motor Indonesia akhirnya merilis Datsun Cross yang konsepnya sudah beberapa kali ditampilka­n dalam ajang pameran. Kemarin (17/1) Datsun Cross melakoni global premiere launching di Jakarta.

Cross diharapkan dapat mengulang sukses Datsun GO+ dan GO Panca dan mendongkra­k sales pada 2018. ”Ini adalah model ketiga yang dikenalkan di Indonesia. Produk ini dikembangk­an sesuai kebutuhan konsumen dan kami ingin mengembang­kan market baru,” ujar Corporate Vice President Global Head of Datsun Nissan Motor Co Ltd Jose Roman.

Berdasar data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), hingga November 2017, data gabungan penjualan GO+ dan GO Panca tercatat 9.449 unit.

Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia Eiichi Koito mengatakan, Datsun Cross yang baru saja diluncurka­n merupakan model flagship Datsun di Indonesia. Tidak hanya menampilka­n desain yang baru, model itu bakal membentuk segmen baru untuk pasar dalam negeri. ”Ini dibuat untuk konsumen Indonesia dan akan membuat segmen baru di dalam negeri. Punya desain yang agresif dan smart. Ground clea- rance 200 mm cocok untuk ragam jalanan yang ada di Indonesia,” ujar Koito.

Berbeda dengan dua pendahulun­ya, Cross hadir dengan dua pilihan transmisi: manual dan otomatis. Menariknya, Datsun menyematka­n model continuous­ly variable transmissi­on (CVT) untuk transmisi otomatisny­a.

Dengan kelengkapa­n fitur dan teknologi, Cross bakal ditempatka­n satu tingkat di atas mobil murah program pemerintah KBH2 (kendaraan bermotor harga terjangkau dan hemat bahan bakar) alias LCGC (low cost green car). Artinya, Cross tidak masuk kategori tersebut.

 ?? MUHAMAD ALI/JAWAPOS ?? MODEL KETIGA: Presdir PT Nissan Motor Indonesia Eiichi Koito saat launching Datsun Cross kemarin (18/1).
MUHAMAD ALI/JAWAPOS MODEL KETIGA: Presdir PT Nissan Motor Indonesia Eiichi Koito saat launching Datsun Cross kemarin (18/1).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia